Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Anak usaha Lippo Group, Meikarta membangun gedung tambahan khusus untuk menangani pasien COVID-19 di empat lokasi berbeda guna mendukung pemerintah memutus rantai penyebaran virus corona. 

"Kami berharap pembangunan gedung tambahan ini dapat membantu masalah kekurangan ruangan untuk menampung pasien COVID-19. Gedung tambahan ini juga membantu memisahkan antara pasien rumah sakit dan pasien COVID-19 serta membantu meringankan beban rumah sakit rujukan pemerintah. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Siloam dan semua tenaga medis yang telah berkorban banyak demi Indonesia," kata Chief Marketing Officer Meikarta Lilies Surjono di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Di tengah pandemi corona, Meikarta rampungkan pembangunan

Dia menjelaskan kerja sama pembangunan gedung tambahan oleh Meikarta dengan Siloam Hospital ini dilakukan di empat rumah sakit siloam yang berlokasi di Kebon Jeruk, Tb Simatupang, Lippo Karawaci, dan Kelapa Dua.

Keempat rumah sakit itu akan menampung sedikitnya 100 pasien COVID-19 yang dibangun dalam waktu empat minggu dan ditargetkan selesai pada 21 April 2020.

"Gedung tambahan ini sekaligus membantu memudahkan tenaga medis untuk memisahkan antara pasien rumah sakit dengan pasien COVID-19 serta membantu meringankan beban rumah sakit pemerintah," katanya.
 
Gedung tambahan husus untuk menangani pasien COVID-19 di Siloam Hospital. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).


Chief Development & Project Officer Meikarta Chung Huang mengatakan gedung tambahan ini dilengkapi sejumlah fasilitas mulai dari 'negative pressure' yang mencegah sirkulasi udara di dalam gedung tidak keluar.

Kemudian ruang isolasi untuk pasien kondisi kritis, dan ruangan khusus tenaga medis seperti ruang pasang APD, loker, shower, serta control room yang terpisah dari area pasien.

"Fasilitas tersebut sudah dibangun dari bulan lalu dan diharapkan dalam waktu dekat akan segera selesai dan dapat langsung digunakan tim medis Siloam Hospital," ucapnya.

Baca juga: Terkait TKA di Meikarta, Imigrasi sebut 947 WNA asal China di Bekasi

Selain membantu penyediaan fasilitas untuk pasien Covid-19, Meikarta juga memiliki program hiburan keluarga khususnya anak-anak yang telah lebih dari dua minggu berdiam diri di rumah.

"Kami memberikan apresiasi bagi anak-anak yang lahir di bulan April berupa pemberian kue ulang tahun gratis untuk menghibur keluarga yang ada di Cikarang dan Bekasi," katanya.

Meikarta berkeyakinan penuh penanganan masalah Covid-19 dapat teratasi jika semua pihak bersatu agar Indonesia bisa kembali pulih. Meikarta juga berterima kasih kepada Siloam Hospitals dan semua tenaga medis yang telah berkorban banyak demi Indonesia, #IndonesiaPastiMenang.

Baca juga: Meikarta bantah pekerjakan ribuan TKA asal China secara ilegal

​​​​​​​

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020