kondisi kesehatan ketiganya juga cukup baik
Kudus (ANTARA) - Jumlah kasus terkonfirmasi positif penyakit virus corona (COVID-19) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini bertambah enam orang menjadi 27 kasus yang dinyatakan positif corona, tiga orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

"Tiga tenaga kesehatan tersebut kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Kondisi kesehatan ketiganya juga cukup baik," kata Juru Bicara Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Minggu.

Ia mengungkapkan para tenaga kesehatan tersebut, sebelumnya menjalani tes cepat (rapid test) corona dengan hasil reaktif, kemudian dijemput untuk menjalani perawatan karena hasil swab tenggorokan dinyatakan positif.

Baca juga: 36 tenaga kesehatan di Kudus terindikasi positif corona
Baca juga: Enam petugas kesehatan RSUD Loekmono Hadi Kudus jalani karantina


Ketiga tenaga kesehatan yang berasal dari Kecamatan Jati dua orang dan satunya dari Kecamatan Kota itu tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien penderita.

Untuk tiga tambahan kasus positif lainnya, yakni Kecamatan Kota, Jati dan Undaan.

Satu pasien positif dari Kecamatan Kota, merupakan seorang laki-laki dengan usia 53 tahun yang bersangkutan telah dirawat di RS Mardi Rahayu sejak 22 April 2020.

Berdasarkan pengakuan pasien tersebut, sebelumnya tidak memiliki riwayat kontak dan riwayat perjalanan ke daerah terjangkit.

Baca juga: Polres Kudus sumbang APD untuk dua rumah sakit di Kudus
Baca juga: Kudus putuskan tempat karantina COVID-19 hanya untuk warga setempat


Sementara pasien dari Kecamatan Jati, merupakan laki-laki berusia 67 tahun dan menjalani perawatan di rumah sakit dengan penyakit penyerta yang dirawat sejak 27 April 2020.

"Pasien tersebut merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Aisyiah Kudus yang kini ditangani RSUD Kudus," ujarnya.

Pasien tersebut juga tidak memiliki riwayat perjalanan maupun kontak dengan penderita, sedangkan satu pasien asal Kecamatan Undaan, merupakan seorang laki-laki berusia 30 tahun yang diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Bali.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus sendiri sudah melakukan pelacakan kontak di masing-masing wilayahnya.

Adanya penambahan enam kasus baru, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Kudus totalnya 27 kasus, sebanyak 19 kasus di antaranya merupakan warga Kudus dan delapan kasus warga luar Kudus.

Dari 17 orang yang dirawat, lima pasien sembuh dan lima pasien meninggal dunia.

Baca juga: Warga Kudus terdampak COVID-19 dapat bantuan pangan
Baca juga: BPBD Kudus sediakan fasilitas cuci tangan di tempat keramaian

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020