Sentani, Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan jumlah warga kabupaten itu yang terpapar COVID-19 bertambah jadi 49 orang.

Khairul di Sentani, Rabu, mengatakan pada Selasa (12/5) pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura bertambah lima orang sehingga jumlahnya menjadi 49 orang dari sebelumnya 44 orang.

Baca juga: Presiden nilai penyerahan bantuan tunai di Bogor berjalan baik

Dia menjelaskan, lima pasien positif yang baru ditemukan itu dengan kode Y-120 laki-laki berusia 34 tahun, pasien berikut dengan kode Y-186 remaja laki-laki, pasien selanjutnya dengan kode Y-188 dewasa laki-laki, kemudian pasien berikut dengan kode Y-212 dewasa laki-laki.

Selanjutnya, kata dia, terakhir pasien dengan kode Y-217 dewasa perempuan. Empat pasien berasal dari Jalan Mambruk Pasar Lama, Sentani. Satunya lagi berasal dari BTN Dame-Dame.

Menurut dia, pasien sembuh bertambah tiga orang menjadi 18 orang dari sebelumnya 15 orang. Tiga pasien yang sembuh yaitu dengan kode Y-72, Y-69 dan Y-78. Ketiga pasien sembuh itu dirawat di RSUD Yowari.

"Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 67 orang," kata Khairul yang kini menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

Ia mengatakan, tak henti-hentinya Tim Gugus Tugas Kabupaten Jayapura menyampaikan protokol kesehatan yang harus selalu diikuti oleh masyarakat antara lain jaga jarak fisik, social distancing dan psycal distancing.

Bekerja, belajar dan beribadah dari rumah, jika ada kepentingan mendadak dan ke luar rumah harus menggunakan masker, dan sering-sering cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun.

"Selanjutnya, perkuat imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan suplemen vitamin C dan E," tambah dia.

Baca juga: Tiga PDP Kapuas meninggal satu di antaranya positif COVID-19
Baca juga: Hari pertama KA luar biasa beroperasi, KAI angkut 62 penumpang

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020