Ada tambahan tujuh, pasien COVID-19 Kabupaten Jayapura jadi 64 orang

Ada tambahan tujuh, pasien COVID-19 Kabupaten Jayapura jadi 64 orang

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dr Khairul Lie. (FOTO ANTARA/HO-Humas Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Jayapura)

Sentani, Papua (ANTARA) - Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dr Khairul Lie menyebutkan ada tambahan tujuh warga di kabupaten itu yang terpapar virus corona jenis baru penyebab COVID-19 sehingga jumlah totalnya menjadi 64 orang.

"Pada Rabu (20/5), pasien positif corona di Kabupaten Jayapura  bertambah tujuh orang sehingga jumlah total pasien menjadi 64 orang dari sebelumnya 57 orang," katanya di Sentani, Jumat.

Dia mengatakan tujuh orang pasien positif COVID-19 baru itu, tiga orang pasien di antaranya merupakan tahanan Polresta Jayapura Kota yang beralamat di Sentani.

"Untuk tiga kasus ini, kami masih melakukan pendekatan dan melakukan penelusuran dengan pihak Polresta ayapura Kota terutama tentang kepastian tempat tinggal dari tiga orang tahanan tersebut," katanya.

Tetapi, kata dia, pihaknya memperkirakan ketiga tahanan itu tertular di dalam tahanan Polresta Jayapura Kota. Kini belum bisa dilakukan penelusuran terhadap kontak dari tiga orang tersebut.

Tiga orang tahahan tersebut, menurut dia, kini sudah dirawat dan direncanakan akan dikirim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Abepura, Kota Jayapura untuk penanganan kesehatan selanjutnya.

Selanjutnya, empat pasien lainnya yakni satu orang pasien merupakan hasil penelusuruan Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Pasien itu merupakan mahasiswa yang hendak mengikuti studi ke luar daerah di mana saat menjalani "rapid test" kemudian positif COVID-19.

Kini pasien itu sedang dirawat di rumah sakit.

Sementara, lanjut dia, tiga orang pasien lainnya adalah laporan dari RSUD Yowari dengan kode Y-168 perempuan dewasa, Y-200 laki-laki dewasa. Dua pasien itu berasal dari BTN Citra Buana Sentani. Pasien satunya lagi dengan kode Y-218 laki-laki berusia 42 tahun berasal dari Jalan Mambruk Sentani.

"Empat pasien positif COVID-19 baru ini penanganannya di RSUD Yowari dan di rumah sakit di Kota Jayapura," ujarnya.

Sedangkan pasien positit corona yang sembuh di wilayah itu bertambah tiga orang, sehingga total pasien sembuh 23 orang. Sedangkan pasien positif COVID-19 yang kini dirawat sebanyak 41 orang, demikian Khairul Lie.

Baca juga: 5.447 warga Sentani jalani "rapid test" COVID-19, ada 251 reaktif

Baca juga: Cegah penularan, Bupati Jayapura minta warga tutup tempat wisata

Baca juga: Ada empat tambahan, warga Kabupaten Jayapura positif COVID-19 jadi 44

Baca juga: Wisma Atlet Jayapura untuk rawat pasien COVID-19 didukung tokoh

Pewarta : Musa Abubar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020