Manado (ANTARA) - Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven Dandel MPH mengatakan, akumulasi pasien sembuh dari virus corona di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu sebanyak 52 orang.

"Hari ini sebanyak lima orang dinyatakan sembuh setelah dua kali uji sampel swab dinyatakan negatif," kata dr Steaven di Manado, Minggu.

Pasien yang sembuh tersebut yaitu kasus ke-47 dan kasus ke-59, keduanya berasal dari Kota Kotamobagu.

Baca juga: Pasien COVID-19 terakhir di RSUD AA Riau dinyatakan sembuh

Selanjutnya, kasus ke-65 (Kota Manado), kasus ke-92 (Kabupaten Kepulauan Sangihe) dan kasus ke-94 (Kota Tomohon).

dr Steaven mengajak masyarakat Sulut tetap disiplin melaksanakan pola hidup bersih dan sehat sebagai bentuk pencegahan utama perjangkitan COVID-19.

"Ada beberapa langkah pencegahan penyebaran COVID-19 yang bisa dilakukan masyarakat yaitu bila memungkinkan, berdiam diri saja di rumah," ujarnya.

Masyarakat juga diharapkan menghindari kerumunan orang, menjaga jarak di tempat tempat umum, cuci tangan sesering mungkin, serta mandi dan berganti baju setiap kali tiba di rumah.

Selain itu, tidak menyentuh mulut, mata dan hidung dengan tangan bila belum mencuci tangan, makan makanan bergizi, istirahat cukup hingga memakai masker bila ke luar dari rumah, katanya.***3***

Baca juga: RSD Pulau Galang sebut tiga pasien sembuh dari COVID-19
Baca juga: Karyawan PT. Freeport meninggal bertambah jadi tiga orang
Baca juga: Yurianto: Keputusan pelaksanaan normal baru ditentukan pemda

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020