Kami terus berupaya menjangkau lokasi lokasi yang mungkin belum mendapat fasilitas tes cepat secara masif. Salah satunya di kawasan Pelabuhan Kalianget Madura ini...
Jakarta (ANTARA) - PT Pelindo III (Persero) terus melakukan tes cepat atau rapid test yang menjangkau berbagai daerah di Jawa Timur hingga masyarakat pesisir dan calon penumpang kapal di ujung Pulau Madura, Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Dengan memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan dibantu oleh petugas keamanan dari TNI/Polri, tim medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat dan Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Daerah Sumenep melayani tes cepat calon penumpang di Pelabuhan Kalianget, Madura.

"Kami terus berupaya menjangkau lokasi lokasi yang mungkin belum mendapat fasilitas tes cepat secara masif. Salah satunya di kawasan Pelabuhan Kalianget Madura ini dengan harapannya program ini bisa menekan penyebaran pandemi di Sumenep, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan dengan pendeteksian dini," kata Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo 3 Toto Heliyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Sebanyak 3.500 alat tes cepat gratis pun di siapkan oleh Pelindo III untuk melayani calon penumpang sesaat sebelum mereka berpergian ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Baca juga: Pelindo III sebar tiga ribu rapid test bagi warga pesisir Banyuwangi

Dia menjelaskan pelaksanaan tes cepat gratis yang diselenggarakan fokus pada wilayah–wilayah luar yang memiliki akses cukup jauh dengan fasilitas kesehatan.

Langkah ini memperkuat upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi, terlebih Pelabuhan Kalianget merupakan salah satu pintu penting dan strategis sebagai pintu masuk di Madura.

Bupati Sumenep KH Abuya Busyro Karim menyampaikan apresiasi kepada Pelindo III karena tes cepat itu membantu pendeteksiaan dan pemetaan penularan pandemi di wilayahnya, serta mematangkan persiapan pemerintah daerah untuk memulai tatanan normal baru.

“Kami apresiasi Pelindo III yang sudah memberikan fasilitas rapid test gratis kepada para penumpang kapal dari dan menuju Kabupaten Sumenep. Apalagi sebentar lagi akan mulai kembali aktivitas pondok pesantren dan lainnya, sehingga kami bisa memetakan sekaligus mencegah penyebaran COVID-19 di Sumenep khususnya kawasan pesisir,” kata Bupati Sumenep.

Pelindo III terus berkoordinasi dengan gugus tugas dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membahas teknis pelaksaaan bantuan 50 ribu tes cepat massal gratis tersebut.

Baca juga: Pelindo III siapkan 50 ribu rapid test COVID-19 di Jatim
 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020