Ratusan warga terdampak COVID-19 di Banyumas terima bantuan beras

Ratusan warga terdampak COVID-19 di Banyumas terima bantuan beras

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka saat menyerahkan bantuan berupa beras kepada warga terdampak COVID-19 di Balai Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (9/6/2020). ANTARA/Sumarwoto

Banyumas (ANTARA) - Ratusan warga terdampak wabah COVID-19 di berbagai wilayah Kabupaten Banyumas menerima bantuan beras dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah melalui Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto dan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas dalam rangka Hari Bhayangkara Tahun 2020.

Penyerahan bantuan beras untuk tingkat Polresta Banyumas dilaksanakan di Balai Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Selasa, serta diserahkan langsung oleh Kepala SPN Purwokerto Komisaris Besar Polisi Didi Hardi Sopandi dan Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka kepada penerimanya.

Baca juga: Polisi tetapkan tiga tersangka baru kasus penolakan jenazah COVID-19

Saat ditemui wartawan usai penyerahan bantuan beras, Kepala SPN Purwokerto Kombes Pol Didi Hardi Sopandi mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-74 Kepolisian Republik Indonesia atau Hari Bhayangkara.

"Dalam kegiatan ulang tahun ini, kami upayakan merayakan dengan sederhana. Kalaupun ada anggaran kelebihan, lebih bagus kami distribusikan melalui pemberian tali asih kepada warga kita yang terdampak COVID-19 khususnya," katanya.

Baca juga: Tak pakai masker, belasan orang di Banyumas jalani sidang tipiring

Oleh karena itu, kata dia, di seluruh wilayah Polda Jateng pada hari dan jam yang sama dilaksanakan pemberian tali asih berupa bantuan beras dari Polda Jateng dan Polres/Polresta jajaran.

Dalam hal ini, lanjut dia, rata-rata setiap Polres/Polresta menyalurkan bantuan sebanyak 10 ton yang dibagikan secara merata di sejumlah daerah.

Baca juga: Kapolresta Banyumas: Kasus penolakan jenazah pasien COVID-19 sudah P21

Ia mengatakan pemberian bantuan tersebut ditujukan untuk meringankan beban warga yang terdampak COVID-19. "Mudah-mudahan bermanfaat," katanya.

Menurut dia, pihaknya bersama Kapolresta Banyumas juga berencana memberikan bantuan tersebut bagi warga di daerah-daerah terpencil.

Baca juga: Kelenteng Banyumas galang dana pengadaan APD untuk tenaga medis

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka mengatakan penyaluran bantuan beras untuk tingkat Polresta dilaksanakan di tiga titik, yakni Desa Kebumen dan Rempoah, Kecamatan Baturraden, serta Desa Sumbang, Kecamatan Sumbang.

"Kemudian, masing-masing Polsek di 27 titik itu (kecamatan) secara serentak juga menyalurkan bantuan. Memang kalau 10 ton itu kami bagi untuk beberapa hari," katanya.

Baca juga: Pemkab Banyumas siapkan tambahan anggaran penanganan COVID-19

Ia mengatakan jumlah penerima di masing-masing Polsek sebanyak 30 keluarga, sedangkan untuk tingkat Polresta Banyumas sekitar 100 keluarga dan bantuan dari Polda Jateng melalui SPN Purwokerto sebanyak 75 keluarga.

Saat memberikan sambutan sebelum penyerahan bantuan beras, Kapolresta berkesempatan menyosialisasikan tentang tatanan normal baru agar masyarakat bisa memahaminya.

Berdasarkan data yang dihimpun, total bantuan beras yang disalurkan Polresta Banyumas dan SPN Purwokerto pada hari Selasa (9/6) sebanyak 5.375 kilogram dan masing-masing penerima mendapatkan 5 kilogram. 

Baca juga: Pemkab Banyumas sisir warga yang baru pulang dari Gowa
Pewarta : Sumarwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020