Ternate (ANTARA) - Komandan Korem 152/Babullah di Maluku Utara, Brigadir Jenderal TNI Imam S Setiawan, memberikan instruksi kepada seluruh jajaran untuk patroli dan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Cara ini harus ditempuh sehingga diharapkan dapat menekan angka penyebaran virus COVID-19 di Maluku Utara," katanya di Ternate, Minggu.

Kegiatan patroli sendiri dikoordinasikan Pasilat Korem 152/Babullah, Mayor Infantri Anton Santoni, yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Maluku Utara hingga ke tingkat Kodim dan Koramil. Patroli dilaksanakan tiga kali sehari dengan menggunakan kendaraan yang dilengkapi pengeras suara.

Baca juga: Banyuwangi akan patroli skala besar penerapan protokol kesehatan

Selain itu juga personel Babinsa diturunkan ke pasar, jalanan hingga tempat keramaian dan kerumunan masyarakat, diberikan himbauan untuk senantiasa menggunakan masker, jaga jarak fisik dan sosial antarmanusia, sering cuci tangan pakai sabun di air bersih mengalir serta lebih disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan.

Setiawan menyatakan, patroli hari ini sudah berjalan dilaksanakan tiga kali sehari dan aktif memberikan himbauan kepada masyarakat sehingga diharapkan kita dapat menekan penyebaran di wilayah Maluku Utara.

Baca juga: Cegah COVID-19, Bupati Klungkung-Bali pimpin patroli gabungan

Berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Maluku Utara, transmisi setempat khususnya di Ternate ini sudah masuk di level 4, dan per hari ini jumlah konfirmasi positif Malut telah mencapai 953 pasien positif dan terdapat 409 pasien positif Covid-19 di Ternate.

Setiawan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, "Mari kita lebih berdisiplin dan mematuhi protokol kesehatan." 

Ia  menerjunkan 1.000 personel TNI AD di sana dibantu satu SST polisi untuk mendisiplinkan masyarakat secara masif di tempat keramaian dan fasilitas publik.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ternate, perpanjang penanganan darurat bencana non alam melalui Surat Keputusan Wali Kota Ternate nomor 66/III.6/KT/2020 tertanggal 30 Juni 2020 hingga bulan Agustus 2020.

Baca juga: Lanud Haluoleo patroli sekaligus bagi masker ke warga cegah COVID-19

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020