Asap di Gedung PTSP Bandarlampung karena arus pendek listrik

Asap di Gedung PTSP Bandarlampung karena arus pendek listrik

Suasan di gedung pelayanan di Pemkot Bandarlampung usai terjadi kepanikan akibat adanya asap di salga atau ruangan di gedung tersebut, Senin. (6/7/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Asap yang keluar dan tercium oleh aparatur sipil negara (ASN) di Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandarlampung diduga akibat korsleting atau arus pendek listrik di ruang instalasi listrik.

"Ada kabel lampu yang korsleting sehingga menimbulkan asap, tapi kalau instalasi listrik aslinya di gedung ini tidak ada masalah karena beda jaringan," kata teknisi Gedung PTSP Kota Bandarlampung, Heri di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan bahwa asap yang keluar di gedung pelayanan tersebut memang dari ruang instalasi listrik yang disebabkan oleh jaringan listrik lampu hias yang berada di atap gedung itu mengalami masalah.

Baca juga: Ada asap, ratusan ASN berhamburan keluar Gedung PTSP Bandarlampung

"Kabel yang menyambungkan lampu hias tersebut terbakar. Titik kabel yang terbakar tersebut ada di tempat parkir mobil dan motor," kata dia.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan bahwa asap yang keluar dan tercium oleh ASN di beberapa ruangan di gedung pelayanan karena asap dari instalasi yang berada di tempat parkir menyebar melalui ventilasi udara.

"Tadi ada yang memasang lampu hias di atas gedung yang pakai gondola, di saat bersamaan ada kabel yang terbakar dan menyebar ke ruangan di dalam gedung melalui ventilasi udara," jelasnya.

Baca juga: Jalur khusus sepeda di Bandarlampung disemprot disinfektan

Menurutnya, kerusakan yang terjadi akibat korsleting listrik itu tidak begitu parah dan instalasi listrik utama di gedung tersebut juga tidak terpengaruh, namun, aliran listrik untuk lampu hias rusak dan tidak berfungsi untuk saat ini.

Pantauan di lokasi, suasana di Gedung PTSP Kota Bandarlampung sudah mulai kondusif dan para pegawai juga sudah mulai melakukan aktivitas melayani masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

Baca juga: Polda Lampung terima hibah tiga gedung dari Pemkot Bandarlampung
 
Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020