Jakarta (ANTARA) - "Map of the Soul: 7", album terbaru milik grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) menjadi album fisik yang terlaris tahun ini dan satu-satunya yang terjual lebih dari 500.000 keping di Amerika Serikat, lebih dari dua kali lipat dari Kenny Chesney.

Laman Forbes mengutip Nielsen Music Mideyar Report mencatat, BTS juga mendarat pada posisi ke dua di antara semua penyanyi pop setelah Billie Eilish dengan penjualan 1,417 juta unit album di paruh pertama tahun 2020.

Selain mereka, hanya satu grup lain yang melampaui 1 juta unit album di Amerika Serikat, yakni The Beatles.

Baca juga: "Your Eyes Tell" BTS kuasai tangga lagu iTunes dunia

Baca juga: BTS isi lagu tema untuk film Jepang "Your Eyes Tell"


Setengah abad setelah perpisahan mereka, The Beatles masih menjadi band rock terbesar pada tahun 2020 dengan penjualan 1,094 juta unit.

The Fab Four juga memiliki album vinil terlaris kelima tahun ini, yakni terjual 54.000 salinan. Mereka memiliki perusahaan yang baik dalam kategori vinil, termasuk sesama ikon rock klasik Queen dan Pink Floyd, supernova pop Billie Eilish dan bintang rock retro rock Harry Styles.

The Beatles juga tampil sangat baik di layanan streaming

BTS dan The Beatles diprediksi akan menjadi grup terlaris tahun 2020. Keduanya memikat gelombang penggemar di seluruh dunia dengan bakat dan karisma mereka.

Kedua grup ini terus meningkatkan diri dengan serangkaian album yang semakin ambisius dan sukses. Berdasarkan laporan Nielsen pertengahan tahun ini, tidak ada dari keduanya yang popularitasnya menunjukkan tanda-tanda memudar.

Baca juga: Kekuatan mobilisasi ARMY milik BTS

Baca juga: Personel BTS dan EXO ini paling peduli gaya rambut, siapa saja?

Baca juga: V BTS pecahkan rekor Adele lewat "Sweet Night" di iTunes


 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020