Kami siap mempertimbangkan kemungkinan penggunaan sanksi jika pelanggaran embargo di darat, laut, dan udara terus berlanjut...
Paris (ANTARA) - Pemimpin tiga negara Uni Eropa, yakni Prancis, Jerman, dan Italia pada Sabtu (18/7) untuk pertama kalinya mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada negara-negara yang masih melanggar aturan PBB soal embargo senjata ke Libya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyatakan hal itu dalam sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kepemimpinan Prancis usai sebuah pertemuan di Brussels, Belgia.

Ketiganya mendesak "semua pihak luar untuk mengakhiri sikap campur tangan yang terus meningkat serta patuh sepenuhnya pada embargo senjata yang diatur oleh Dewan Keamanan PBB."

"Kami siap mempertimbangkan kemungkinan penggunaan sanksi jika pelanggaran embargo di darat, laut, dan udara terus berlanjut, serta mengupayakan agar usulan kebijakan luar negeri dan keamanan dari Perwakilan Tinggi Uni Eropa akan menyertakan hal ini," tulis mereka dalam pernyataan tersebut.

Baca juga: 10.000 lebih gerilyawan Suriah bertempur di Libya
Baca juga: Uni Eropa desak pasukan asing keluar dari konflik Libya


Dalam beberapa pekan belakangan, Turki menjalankan intervensi terhadap situasi di Libya dengan menyediakan pasukan udara, senjata, dan prajurit sekutu dari Suriah untuk membantu pemerintah yang diakui secara internasional.

Sementara pasukan oposisi yang dipimpin oleh komandan militer Khalifa Haftar, didukung oleh Uni Emirat Arab, Mesir, dan Rusia--yang juga digugat oleh PBB atas pelanggaran aturan embargo.

Para diplomat sebelumnya telah menyebut bahwa negara-negara Uni Eropa juga mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi terhadap perseorangan dari kedua belah pihak bertikai di Libya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Prancis, Jerman, Italia serukan diakhirinya pertempuran di Libya
Baca juga: Turki sebut gencatan senjata di Libya saat ini tak untungkan GNA

Penerjemah: Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020