Kasad berikan bantuan pada korban puting beliung di Pontianak

Kasad berikan bantuan pada korban puting beliung di Pontianak

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, didampingi Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, saat memberikan paket sembako bantuan kepala staf TNI AD kepada masyarakat korban puting beliung di Pontianak Utara. ANTARA/Slamet Ardiansyah/aa.

Pontianak (ANTARA) - Kepala Staf TNI AD melalui Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, memberikan bantuan sembako pada masyarakat korban bencana angin puting beliung di Gang Flora, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalbar.

"Adapun kegiatannya hari ini, kami memberikan bantuan paket sembako dari Bapak Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, sebanyak 2.500 paket pada masyarakat korban bencana alam angin puting beliung beberapa waktu yang lalu," kata Rahmad, di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, kegiatan bakti sosial itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Sekitar 300 rumah rusak akibat terjangan puting beliung di Pontianak

Menurut dia, mereka bekerja sama dengan pemerintah Kota Pontianak maupun pemerintah Provinsi Kalimantan Batar dalam melaksanakan tugas kemanusiaan, salah satunya membantu korban bencana angin puting beliung itu.

"Hingga saat ini kami sudah bisa membantu masyarakat Pontianak korban bencana angin puting beliung, yakni membetulkan sebanyak 1.202 unit rumah. Dan Alhamdulilah masyarakat sudah bisa tinggal kembali di rumah masing-masing" katanya.

Ia berharap melalui bantuan sembako ini bisa membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah itu.

Baca juga: Korban angin puting beliung di Pontianak-kalbar dibantu material

"Jadi untuk kegiatan ini kita selalu bekerjasama dengan Pemkot. Kemudian kami dari TNI AD memberikan bantuan tenaga di beberapa wilayah seperti di Bengkayang atau pada prinsipnya, kami siap membantu program pemerintah daerah," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengatakan, mereka juga telah melakukan tanggap darurat bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan Kodam XII/Tanjungpura beserta Kodim 1207/BS Pontianak dengan melakukan pembersihan lokasi bencana, perehaban rumah warga yang rusak terdampak bencana angin puting beliung dan menyalurkan bantuan berupa sembako.

"Semua bantuan sudah kami salurkan kepada warga, sementara untuk perbaikan fasilitas gedung sekolah yang terkena bencana puting beliung juga sedang kami kerjakan perehabanya, yakni di bengunan gedung SMP Negeri 29 Pontianak. Sementara untuk bengunan gedung SD 42 Pontianak juga akan dilakukan perehaban dan saat ini masih dalam proses perhitungan dan setelah itu akan langsung kami kerjakan," katanya.

Tokoh Masyarakat Pontianak Utara, Burhan, berkata, "Kami atas nama keluarga besar warga Gang Flora menyampaikan ribuan terima kasih semua pihak yang setiap harinya sejak terjadinya bencana angin puting beliung selalu berada di lokasi kejadian."
Pewarta : Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020