New York (ANTARA) - Presiden AS Donald Trump mengatakan dia mendukung kesepakatan yang memungkinkan TikTok terus beroperasi di Amerika Serikat, setelah mengancam akan melarang aplikasi milik China itu pada Agustus.

Dia mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa dia mendukung kesepakatan dengan pemilik TikTok ByteDance, Oracle dan Walmart untuk membuat perusahaan baru yang akan menjalankan operasi TikTok di AS yang disebut TikTok Global.

Trump mengatakan perusahaan baru itu akan "sepenuhnya dikendalikan oleh Oracle dan Walmart ... Semua kontrolnya adalah Oracle dan Walmart".

Pemegang saham AS diharapkan untuk mengendalikan 53 persen TikTok Global, seseorang yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengatakan, sementara investor China akan memegang 36 persen.

Oracle mengatakan akan mengambil 12,5 persen saham di TikTok Global.

TikTok mengatakan berdasarkan kesepakatan tersebut, Oracle dan Walmart akan mengambil bagian dalam putaran pendanaan pra-IPO TikTok Global di mana mereka dapat mengambil hingga 20 persen saham kumulatif di perusahaan.

Sumber tersebut mengatakan sisa 80 persen saham akan dibagikan kepada investor ByteDance, kata sumber yang menjelaskan masalah tersebut.

Investor AS saat ini memiliki sekitar 40 persen dari Bytedance.

Tiktok mengatakan "senang bahwa proposal oleh TikTok, Oracle, dan Walmart akan menyelesaikan masalah keamanan Pemerintah AS dan menyelesaikan pertanyaan seputar masa depan TikTok di AS."

Tiktok mengatakan Oracle akan menjadi "penyedia teknologi tepercaya perusahaan, yang bertanggung jawab untuk meng-hosting semua data pengguna AS dan mengamankan sistem komputer terkait untuk memastikan persyaratan keamanan nasional AS dipenuhi sepenuhnya."

Trump memberikan dukungan kuat untuk kesepakatan yang katanya akan menciptakan 25.000 pekerjaan AS. "Saya telah memberikan persetujuan itu, berkat saya," kata Trump. "Saya menyetujui kesepakatan dalam konsep."

Sekitar 100 juta orang Amerika menggunakan TikTok dan pejabat AS telah menyatakan keprihatinan tentang data pengguna dan potensi China untuk mengakses data tersebut.

"Keamanannya akan 100 persen," kata Trump kepada wartawan.

Reuters melaporkan pada Kamis (17/9/2020) bahwa TikTok Global akan memiliki mayoritas direktur Amerika, kepala eksekutif AS, dan pakar keamanan di dewan.

Oracle dan Walmart diharapkan mengambil kepemilikan ekuitas yang signifikan dan ByteDance telah menyetujui perlindungan keamanan yang signifikan pada data pengguna AS dengan Oracle menampung semua data dan mendapatkan hak untuk memeriksa kode sumber TikTok.

Walmart tidak segera berkomentar.

Departemen Perdagangan mengatakan pada Sabtu (19/9/2020) akan menunda satu minggu perintah yang telah ditetapkan mulai berlaku pada Minggu malam yang akan menghentikan Google Alphabet Inc dan Apple Inc menawarkan TikTok di toko aplikasi AS mereka.

Trump menyatakan kekesalannya minggu ini karena pengacara pemerintah mengatakan kepadanya bahwa tidak diizinkan untuk meminta "potongan" dari harga jual TikTok apa pun untuk Departemen Keuangan.

Dia mengatakan akan ada dana pendidikan lima miliar dolar AS sebagai bagian dari kesepakatan. Itu adalah kontribusi mereka yang telah saya minta, kata Trump.

Dia mengatakan perusahaan baru kemungkinan besar akan didirikan di Texas dan memiliki setidaknya 25.000 karyawan.

Reuters melaporkan pada Kamis (17/9/2020) bahwa ByteDance merencanakan penawaran umum perdana TikTok Global di AS. Pengajuan IPO untuk TikTok Global akan dilakukan di bursa saham AS dan dapat dilakukan sekitar satu tahun, kata sumber tersebut, meminta anonimitas karena masalah tersebut bersifat rahasia.

Sebagian dari hasil IPO diharapkan akan digunakan untuk membiayai dana pendidikan lima miliar dolar AS, kata sumber itu. ByteDance dan Oracle tidak segera menanggapi permintaan komentar.

China masih harus menyetujui kesepakatan itu. "Kami akan melihat apakah itu semua terjadi atau tidak," kata Trump.

Gubernur Texas Greg Abbott sebelumnya mengatakan di Twitter bahwa dia telah berbicara dengan Trump tentang kesepakatan itu. "Saya memberi tahu dia bahwa jika dia menyetujui kesepakatan itu, Texas akan menjadi tempat yang tepat untuk kantor pusat," kata Abbott.

Baca juga: Indonesia tidak akan ikut-ikutan larang TikTok
Baca juga: Amazon klarifikasi larangan karyawan gunakan TikTok adalah kesalahan
Baca juga: TikTok ubah kebijakan demi perangi hoaks

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020