Jakarta (ANTARA) - Batik dulu identik dengan busana formal yang terkesan serius dan lebih sering dipakai orangtua. Anggapan itu semakin memudar seiring berjalannya waktu, di mana batik kini tak cuma dipakai untuk acara formal, tapi untuk kesempatan yang lebih santai.

Para perancang Tanah Air yang berkarya melalui batik berbagi tips untuk tampil modis dan terkesan modern.

1. Pilih motif klasik, warna kontemporer
Paduan dua faktor yang bertolak belakang ini membuat pemakainya terlihat berjiwa muda karena pilihan warna yang beragam dan tidak itu-itu saja.

"Motif klasik membuat kita tetap konsisten dengan peninggalan batik-batik kuno. Warna kontemporer membuatnya terlihat modern dan mudah diterima berbagai kalangan," kata perancang Priscilla Saputro dari Batik Nyonya Indo.

Generasi muda yang bosan mengenakan batik cokelat bisa mencari pilihan lain yang lebih menarik sesuai selera. Dengan demikian, tradisi memakai batik bisa tetap hidup dari generasi ke generasi.

"Sehingga seni budaya Indonesia, salah satunya batik, tetap akan menjadi kekuatan bangsa," kata Priscilla yang menekuni bisnis batik sejak 1998.

2. Batik cap berbahan katun untuk harga terjangkau
Batik tulis yang pengerjaannya memakan waktu dan tenaga memang relatif lebih mahal. Bila Anda masih mencari harga yang lebih miring, pertimbangkan untuk membeli batik cap yang harganya lebih terjangkau. Pilih bahan nyaman seperti katun agar bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

"Batik sendiri itu tidak mesti mahal," kata perancang asal Yogyakarta Iffah M Dewi, pemilik brand Sogan Batik.

3. Desain modern, motif batik
Batik hadir bukan cuma lewat kemeja, blus formal atau kain. Anda bisa mengenakan batik dalam bentuk gaun panjang, luaran, celana hingga aksesoris.

"Fleksibilitas batik membuatnya bisa melebur dalam berbagai gaya berpakaian," kata Janice Setyawan, Creative Director dari label Maquinn Couture.

Padukan kaos batik dengan celana jins bertambal untuk gaya kasual, atau kaos batik dengan luaran resmi agar terlihat semiformal.

4. Mix-match klasik dan modern
Atasan batik klasik bisa Anda coba padankan dengan bawahan yang lebih santai dan modern seperti celana palazzo. Atau lapisi kemeja batik Anda dengan kemeja bomber sehingga terkesan santai.

"Lengkapi dengan aksesoris, tas, sepatu yang up to date, jadi tampil cantik dengan batik bisa jadi pilihan saat ini," ujar Iffah.

Anda juga bisa belajar memahami makna-makna yang terkandung dalam setiap corak batik, sehingga "pesan" dalam batik juga bisa meresap ke dalam cara hidup Anda, lanjut Iffah.

"Pasti pesan-pesan (dalam batik memiliki nilai) kebaikan di situ, apalagi batik klasik. Tapi batik dari desainer sekarang pun banyak juga yang dibuat tidak sekadar dekoratif tapi punya makna tertentu."

Baca juga: Kiat cantik dan apik mengenakan busana dan masker batik

Baca juga: Tips memilih batik untuk pernikahan

Baca juga: Tips agar batik anda awet

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020