Bamsoet dorong pemerintah beri perhatian khusus daerah tinggi COVID-19

Bamsoet dorong pemerintah beri perhatian khusus daerah tinggi COVID-19

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-MPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Satgas Penanganan COVID-19 agar memberikan perhatian khusus kepada daerah yang masih tinggi tingkat penyebaran kasus COVID-19.

"Saya mendorong untuk memberikan perhatian khusus pada daerah yang masih tinggi tingkat penyebaran kasus COVID-19 dengan meningkatkan test, tracing, dan treatment (3T)," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bamsoet dorong e-voting di pilkada dan pemilu

Menurut Bamsoet, hal tersebut penting berkaca dari sejumlah negara yang berhasil mengendalikan kasus COVID-19 melalui penerapan 3T secara masif, di samping penerapan ptotokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dia juga mendorong pemerintah daerah agar dalam mengambil kebijakan penanganan COVID-19 berdasarkan peta persebaran kasus dari Satgas Penanganan COVID-19. Dengan demikian, kebijakan yang diambil dapat dilaksanakan secara efektif menurunkan angka kasus positif di wilayah tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mendorong pemerintah daerah terus berupaya menekan angka penyebaran kasus COVID-19 dengan menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan dan tetap mengawasi dengan ketat penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat secara tegas.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dan patuh terhadap kebijakan pemerintah yang ditetapkan," kata Bamsoet.

Baca juga: Bamsoet ingatkan peserta pilkada disiplin terapkan protokol kesehatan

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini meminta komitmen pemerintah untuk terus mengupayakan menurunkan pertumbuhan kasus baru dan meningkatkan angka kesembuhan serta tidak mengandalkan ketersediaan vaksin untuk mengatasi pandemi COVID-19.
Pewarta : Fathur Rochman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020