sampai minggu kedua Oktober sudah berhasil menyalurkan Rp344,43 triliun
Jakarta (ANTARA) - Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyaluran anggaran untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) hingga pekan kedua Oktober 2020, sudah hampir menyentuh angka 50 persen.

"Perlu kami sampaikan, alhamdulillah sampai akhir September di kuartal ketiga kami sudah berhasil menyalurkan Rp150 triliun dan sampai minggu kedua Oktober sudah berhasil menyalurkan Rp344,43 triliun atau hampir 50 persen dari total anggaran," ujar Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Total anggaran program PEN adalah Rp695,2 triliun. Budi berharap sisa waktu yang ada hingga akhir tahun dapat dimaksimalkan untuk menyalurkan sisa anggaran yang ada.

Dia menyampaikan total anggaran itu didistribusikan untuk empat sektor atau program yang menjadi tanggungjawab Satgas PEN yakni, perlindungan sosial, UMKM, sektoral kementerian/lembaga dan pemda, serta pembiayaan korporasi.

Dari keempat program tersebut, penyaluran untuk program sektoral kementerian/lembaga dan pemda merupakan sektor yang penyerapannya relatif rendah.

Dia berharap dengan adanya inisiatif baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan dana hibah pariwisata bagi pemda, maka akan dapat membantu serapan anggaran untuk mata program sektoral kementerian/lembaga dan pemda.

Baca juga: Pemerintah prioritaskan tujuh program percepat pemulihan APBN 2021
Baca juga: Sri Mulyani: Realisasi anggaran PEN capai Rp344,11 triliun
Baca juga: Mensos berharap realokasi anggaran program PEN lebih fleksibel

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020