...kita bisa lihat bahwa pengaturan di dalam RPP ini mencakup bagaimana kita memelihara lingkungan agar sumber daya ikan yang lestari dan berkesinambungan...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai melakukan konsultasi publik Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja yang belum lama ini disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Plt Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini, Rabu, mengemukakan, salah satunya konsultasi publik membahas RPP tindak lanjut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, khusus di Bidang Perikanan Tangkap. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran, hingga Universitas Haluoleo.

Zaini menjelaskan RPP di bidang perikanan tangkap memuat empat materi, yang meliputi pengelolaan sumber daya ikan, penangkapan ikan dan/atau pembudidayaan ikan di wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia (WPPNRI) yang bukan tujuan komersial, kapal perikanan, dan kepelabuhanan perikanan.

"Dengan terbitnya UU Cipta Kerja yang tujuannya untuk mengurai hambatan-hambatan yang selama ini mempersulit investasi, mudah-mudahan sektor perikanan tangkap akan menjadi mudah dan bisa berkembang dengan pesat," ujar Muhammad Zaini.

Baca juga: Tindak lanjuti UU Cipta Kerja, KKP siapkan RPP Perizinan Berusaha

Mengenai pengelolaan sumber daya ikan, Zaini memastikan tidak ada eksploitasi hasil laut seperti yang dikhawatirkan banyak pihak selama ini meski tujuan dari UU Cipta Kerja tersebut adalah untuk tujuan kemudahan investasi.

Menurut dia, KKP selama ini memegang beragam poin penting dalam mengatur pengelolaan Sumber Daya Ikan (SDI), di antaranya ukuran atau berat minimum jenis ikan yang boleh ditangkap, pencegahan pencemaran dan kerusakan sumber daya ikan serta lingkungannya, hingga rehabilitasi dan peningkatan sumber daya ikan serta lingkungannya.

"Kalau dilihat dari materi pengelolaan sumber daya ikan ini, maka kita bisa lihat bahwa pengaturan di dalam RPP ini mencakup bagaimana kita memelihara lingkungan agar sumber daya ikan yang lestari dan berkesinambungan, dan juga bagaimana kita mengelola SDI agar mendapat manfaat ekonomi secara optimal. Jadi dua-duanya dipertimbangkan secara seksama," tegas Zaini.

Baca juga: KKP paparkan dampak positif UU Cipta Kerja bagi sektor perikanan

Zaini juga menjelaskan mengenai Komisi Nasional yang Mengkaji Sumber Daya Ikan (Komnas Jiskan) yang sempat menjadi polemik karena dianggap hilang perannya dalam UU Cipta Kerja.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP itu memastikan bahwa RPP memuat keberadaan komisi tersebut.

Komnas Jiskan berperan memberi pertimbangan estimasi sumber daya ikan, jumlah tangkapan ikan yang diperbolehkan, tingkat pemanfaatan sumber daya ikan, dan alokasi sumber daya ikan di setiap WPPNRI.

"Dalam RPP ini dijawab bahwa Komnas Jiskan masih ada. Kenapa tidak ada di UU Cipta Kerja, karena UU Cipta Kerja tidak memberikan mandat langsung pada menteri tapi kepada pemerintah. Sehingga pemerintah memberikan mandat kembali pada menteri, jadi menterilah yang menetapkan Kajiskan ini," urai Zaini.

Baca juga: KSP: UU Cipta Kerja bantu nelayan naik kelas

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020