Indonesia hanya akan hadapi Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Indonesia hanya akan hadapi Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Para pemain dan jajaran pelatih tim nasional bola basket putra seusai sesi latihan di GBK Arena, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - FIBA akhirnya resmi merilis jadwal pertandingan untuk windows kedua Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, di mana Indonesia hanya akan menghadapi Thailand pada 28 November di Manama, Bahrain.

FIBA dalam rilisnya mengumumkan bahwa windows kedua Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 hanya diikuti oleh Grup A, Grup D yang akan dimainkan di Manama, Bahrain, sedangkan Grup E berlangsung di Doha, Qatar.

Grup A terdiri atas Korea Selatan, Filipina, Indonesia, dan Thailand. Sedangkan Grup D ada Bahrain, Irak, Lebanon, dan India. Adapun Grup E meliputi Qatar, Iran, Suriah, dan Arab Saudi.

Baca juga: Timnas Indonesia umumkan 12 pemain di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Sementara itu, pertandingan Grup B, C, dan F serta Korea Selatan kemungkinan tidak akan dilaksanakan pada kualifikasi November ini.

Indonesia awalnya dijadwalkan bertanding melawan Thailand dan Korea Selatan di windows kedua bulan November. Namun Korea Selatan ternyata tidak masuk dalam jadwal pertandingan Kualifikasi FIBA Asia Cup tahun ini.

FIBA pun dalam pernyataanya tidak menyebut secara spesifik alasan Korea Selatan tidak bertanding di Bahrain.

Mereka hanya mengumumkan bahwa sistem home and away akan dihapuskan di babak kualifikasi lanjutan. Seluruh pertandingan akan dimainkan dalam sistem gelembung sebagai pertimbangan situasi COVID-19.

Baca juga: FIBA tetapkan Brandon Jawato sebagai pemain lokal Indonesia

Ada kemungkinan jika Korea Selatan baru akan tampil pada windows ketiga yang juga akan menjadi windows terakhir yang dijadwalkan berlangsung pada 18-22 Februari 2021.

Total ada 24 tim yang berlaga pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Dua tim teratas dari enam grup di akhir kualifikasi akan langsung lolos ke Piala Asia FIBA 2021.

Sementara tim peringkat ketiga di setiap grup akan melanjutkan pertandingan pada turnamen terpisah untuk menentukan empat tim yang akan bersaing di Kualifikasi Asia Piala Dunia FIBA 2023 bersama 16 tim lainnya.

Baca juga: Indonesia lanjutkan Kualifikasi FIBA Asia 2021 di Bahrain

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020