Padang (ANTARA) - Pembangunan tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Pekanbaru - Padang oleh PT Hutama Karya Infrastruktur 100 persen menggunakan produk PT Semen Padang.

"Untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang, kami sepenuhnya menggunakan produk Semen Padang," kata Quality Insurance PT Hutama Karya Infrastruktur Ayu Lestari di Padang, Jumat saat berkunjung ke PT Semen Padang.

Menurut dia, produk PT Semen Padang digunakan untuk pembangunan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, karena Hutama Karya Infrastruktur mengutamakan kualitas dan produk semen dari Semen Padang kualitasnya nomor satu.

"Kami sudah coba pakai semen merek lain, hasilnya kurang memuaskan . Owner merekomendasikan tetap pakai produk Semen Padang. Saya dari Quality Insurance, juga mengutamakan kualitas, dan PT Semen Padang kualitasnya nomor satu," ujarnya.

Ia pun mengaku bahwa produk Semen Padang banyak digunakan untuk pembangunan jalan tol Sumatera. Bahkan untuk sesi 6 Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang dikerjakan PT Hutama Karya Infrastruktur, 80 persen kebutuhan semennya berasal dari Semen Padang.

"Jadi, suplai semen dari Semen Padang ini bukan untuk Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang saja, tapi juga di proyek jalan tol Sumatera lainnya. Nah, selama ini kan kami belum berkunjung, makanya hari ini kami datang ke Semen Padang untuk visit," ujarnya.

Ia menyampaikan kedatangan kami ke Semen Padang bukan hanya membicarakan kebutuhan produk Semen Padang, tapi juga untuk melihat material bahan baku Semen Padang itu seperti apa, dan juga untuk melihat pengendalian mutunya, pengujiannya, produksinya hingga proses pengirimannya.

Sementara Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, siap memasok kebutuhan semen yang diminta PT Hutama Karya untuk pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang.

"Kita siap memenuhi berapa pun kebutuhan semen untuk proyek PT Hutama Karya/ PT Hutama Karya Infrastruktur,” kata Oktoweri.

Ia mengatakan, selama ini produk Semen Padang telah banyak digunakan untuk pembangunan proyek-proyek monumental dan strategis di Indonesia.

Junior Key Acount State Owned Enterprise (SOE) SIG untuk Semen Curah Riau daratan Putri Rahmi Mardius menambahkan, semen yang dibutuhkan tipe OPC, sama dengan kebutuhan jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

“Kami dari Semen Padang siap memenuhi kebutuhan semen tersebut," katanya.

***1***
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020