Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Islam Iran, Ronny Prasetyo Yuliantoro, menyerahkan surat kepercayaan (letter of credentials) dari Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden Iran Hassan Rouhani pada Selasa.

"Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama bilateral antara kedua negara di berbagai bidang yang telah berjalan dengan baik dan erat, terutama di bidang ekonomi dan perdagangan," kata Dubes Ronny, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI Tehran yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan dengan Presiden Iran itu, Dubes RI mengucapkan terima kasih atas penerimaan oleh Presiden Rouhani serta menyampaikan salam dari Presiden Jokowi.

Dubes Ronny juga menyampaikan bahwa hubungan kedua negara yang erat sebagai sesama negara muslim telah terjalin sejak lama begitupun upaya-upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Iran di berbagai bidang beserta peluang kerja sama lainnya.

Untuk itu, Ronny berharap kerja sama dan upaya penguatan hubungan kedua negara semakin meningkat selama dirinya bertugas di Iran. Dubes RI juga mengundang para pelaku usaha Iran untuk berinvestasi di Indonesia.

Sementara itu, Presiden Rouhani mengapresiasi hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin dengan erat, salah satunya melalui aksi saling kunjung antar kedua pemimpin negara, yaitu kunjungan Presiden Jokowi ke Iran pada 2016 setelah sebelumnya kunjungan Presiden Rouhani ke Indonesia pada 2015.

Presiden Rouhani menyatakan akan mendukung penuh pelaksanaan tugas Dubes RI di Iran untuk terus melakukan upaya peningkatan hubungan bilateral di segala bidang dan mengembangkan berbagai potensi kerja sama lainnya.

Presiden Rouhani meyakini bahwa dengan latar belakang kesamaan pemikiran Islam yang moderat di kedua negara, upaya peningkatan hubungan kerja sama tersebut dapat diwujudkan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Rouhani juga menyampaikan salam untuk Presiden Jokowi dan berharap Dubes RI dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar dan sukses di Iran.

Penyerahan surat kepercayaan itu menandai dimulainya secara resmi tugas Ronny Prasetyo Yuliantoro sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Islam Iran, setelah pada 6 Desember 2020 lalu menyerahkan salinan surat kepercayaan kepada Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif.

Baca juga: Iran-Indonesia berbagi praktik terbaik penerapan Kota Layak Anak
Baca juga: Indonesia abstain atas resolusi PBB tentang embargo senjata Iran
Baca juga: Ketua DPD dorong perluasan kerja sama ekonomi Indonesia-Iran

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020