Gorontalo (ANTARA) - Rumah Sakit Provinsi Gorontalo Hasri Ainun Habibie (RS Ainun) meraih dua penghargaan sekaligus dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan yang langsung diterima oleh Direktur RS Ainun Habibie Yana Yanti Sulaiman untuk kategori rumah sakit tipe C dengan kinerja terbaik pelayanan kepada masyarakat dan kategori rumah sakit dengan pelayanan Global Budget.

“Berdasarkan penilaian BPJS Kesehatan, tahun ini kami meraih dua penghargaan. Dari sekian rumah sakit tipe C di Gorontalo, kami meraih kinerja terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat dan Global Budget,” kata Yana di Gorontalo, Rabu.

Penghargaan itu sebelumnya telah diterima Yana saat penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan program Jamkesda yang terintegrasi dengan program JKN KIS di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Selasa (22/12).

Baca juga: RS Ainun siap rawat pasien COVID-19

Baca juga: Peresmian RS Hasri Ainun Habibie kado spesial di HUT Kota Parepare


RS Ainun merupakan proyek percontohan (pilot project) penerapan program Global Budget dari BPJS Kesehatan di Provinsi Gorontalo.

Global budget adalah sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada anggaran atau sejumlah besaran biaya yang disepakati oleh pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan untuk jangka waktu tertentu.

Melalui penerapan program tersebut, pembayaran atas layanan rumah sakit dilakukan pada awal tahun atau awal semester sebelum dilakukan pelayanan.

Global Budget dilakukan melalui perhitungan yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit.

“Karena perhitungan Global Budget sudah dilakukan di depan, maka kegiatan di RS Ainun harus terukur dan efisien, dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan keberhasilan meraih dua penghargaan dari BPJS Kesehatan, pihaknya akan terus berupaya dan bekerja keras meningkatkan kualitas pelayanan di RS Ainun.

Pihaknya akan melakukan pengembangan RS Ainun dari tipe C menjadi tipe B, serta mengikuti proses akreditasi dalam mengoptimalkan pelayanan.

“Penghargaan ini jangan membuat kita terlena dan harus lebih terpicu untuk berbuat lebih baik. Tahun 2021 kami berupaya meningkatkan kelas RS Ainun menjadi rumah sakit tipe B,” ujarnya.*

Baca juga: RS Ainun Habibie diresmikan, pelayan kesehatan di daerah semakin dekat

Baca juga: Gubernur paparkan pengembangan RS Ainun di Kejagung RI

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020