Pemetaan rawan kecelakaan untuk membuat rencana dan antisipasi agar kecelakaan di Sumbar berkurang.
Padang, (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat memetakan 13 titik rawan kecelakaan di daerah itu dalam Operasi Lilin 2020 dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2021.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol. Yofie Girianto Putro di Padang, Jumat, mengatakan bahwa 13 titik itu tersebar di sejumlah kota dan kabupaten yang rawan kecelakaan.

"Pemetaan ini untuk membuat rencana dan antisipasi agar kecelakaan di daerah itu berkurang," katanya.

Baca juga: Titik rawan kecelakaan Pagelarang dipasang pengaman bantuan swasta

Kombes Pol. Yofie Girianto Putro menyebutkan ke-13 lokasi itu, mulai dari KM 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, KM 45 Sicincin Kabupaten Padang Pariaman, KM 64 Malibo Anai Kabupaten Padang Pariaman, KM 67 Silaiang Kota Padang Panjang.

Berikutnya, KM 114 Palupuh, KM 102 Baso, KM 150 Kelok Sembilan Kabupaten 50 Kota, KM 161 Panti Kabupaten Pasaman, KM 83 Singkarak, KM 172 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

Selanjutnya, KM 22 Ladang Padi Kota Padang, KM 14 Bukit Lampu Kota Padang, dan KM 35 Barung Belantai Kabupaten Pesisir Selatan.

Ditlantas Polda Sumbar menurunkan 1.188 personel dalam Operasi Lilin 2020 yang terdiri atas 175 personel dari Ditlantas Polda Sumbar dan 1.013 dari personel lalu lintas di 19 polres di provinsi ini.

"Kami juga membuat 58 pos pengamanan di seluruh daerah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas," katanya.

Dirlantas menjelaskan bahwa pos pengamanan tersebut  terdiri atas 11 unit di Kota Bukittinggi, enam unit di Kota Padang dan Kabupaten Agam, empat unit di Kabupaten 50 Kota dan Pesisir Selatan, tiga unit di Pasaman Barat dan Solok Selatan.

Baca juga: Waspadai titik rawan kecelakaan Tol Trans Jawa ini sebelum berlibur

Dua pos di Kabupaten Pasaman, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Sijunjung, serta masing-masing satu unit pos pengamanan di Kota Sawahlunto, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kota Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Payakumbuh.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020