Kapolda Jatim: KTS efektif tanggulangi COVID-19

Kapolda Jatim: KTS efektif tanggulangi COVID-19

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta kunjungi Kampung Tangguh Semeru di Sidoarjo (Antara Jatim/Humas Polda Jatim/IS)

Sidoarjo (ANTARA) -
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan jika keberadaan kampung tangguh Semeru (KTS) sangat efektif untuk menanggulangi penyebaran virus corona atau COVID-19.
 
"Kedatangan saya ke kampung tangguh Semeru di Sidoarjo ini untuk melihat secara langsung kesiapan dari para relawan. Dengan adanya kampung tangguh Semeru ini sangat efektif memutus penyebaran COVID-19," ucap Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta saat mengunjungi kampung tangguh Semeru di Pucang Indah, Kelurahan Pucang, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Sabtu.
 
Dalam kunjungan tersebut, Kapolda melihat kondisi posko secara langsung dan juga melihat budi daya lele milik warga serta tempat karantina bagi warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.
 
Selain itu, kata dia, kampung tangguh Semeru akan dihidupkan kembali untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Gubernur Jatim: Revitalisasi Kampung Tangguh, minimalisir COVID-19
 
"Adanya kampung tangguh Semeru ini sangat efektif menanggulangi Covid-19," katanya.
 
Ia mengatakan, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, pemerintah bersama TNI dan Polri, menyiapkan tempat isolasi mandiri, melaksanakan sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat setempat tentang bertambahnya pasien COVID-19.
 
Selain itu, kata dia, melakukan koordinasi terkait menyiapkan sumbang darah (plasma darah) bagi pasien positif COVID-19, yang nantinya bisa menyembuhkan pasien positif COVID-19.
 
"Nantinya pemerintah, TNI dan Polri menyiapkan tempat isolasi mandiri. Selain itu juga koordinasi menyiapkan sumbang darah atau plasma darah dari pasien yang sembuh untuk pasien yang masih positif COVID-19," ujarnya.
 
Menurutnya, untuk pendistribusian vaksin COVID-19, akan terus dilakukan koordinasi agar keamanan tetap terjaga, serta meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Ia menambahkan, kini sudah banyak yang jatuh menjadi korban dari pandemi COVID-19.
 
"Sehingga motto kami yakni, jaga diri, jaga keluarga, jaga negara. Ke depan untuk kampung tangguh Semeru juga akan ditambah terutama di wilayah di Jatim yang masuk zona merah. Karena kampung tangguh semeru ini sebagai penanggulangan COVID-19," katanya.

Baca juga: Kodam Jaya-Polda Metro bentuk Kampung Tangguh percontohan
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021