hanya kendaraan bernopol Cianjur dengan tujuan Cipanas dan sekitarnya yang diperbolehkan melintas, sedangkan kendaraan pribadi dan pengangkut barang dengan tujuan Bogor diarahkan ke jalur Jonggol dan Sukabumi.
Cianjur (ANTARA) - Petugas menutup jalur menuju Puncak- Bogor mulai dari Tugu Lampu Gentur-By Pass, Cianjur, hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan karena longsor yang melanda kawasan Puncak-Bogor tepatnya di Kawasan Gunung Mas, sehingga pengguna jalan dengan tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty saat dihubungi, Senin, mengatakan jalur menuju Puncak-Bogor ditutup sejak dini hari hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan, sehingga kendaraan dengan tujuan Bogor diarahkan ke Jalur Jonggol dan Sukabumi.

"Selama penanganan longsor di Kawasan Gunung Mas masih dilakukan, untuk sementara Jalur menuju Puncak-Cipanas-Bogor, mulai dari Tugu Lampu Gentur, tertutup dari kendaraan dengan tujuan Bogor, hanya kendaraan warga sekitar yang dapat melintas," katanya.
Baca juga: Banjir bandang dan longsor tutup ruas jalan utama Bandung-Cianjur
Baca juga: BPBD Cianjur mencatat tiga peristiwa bencana alam di awal tahun


Hingga pukul 7.00 WIB, petugas masih menutup jalur menuju Puncak-Cipanas, hanya kendaraan bernopol Cianjur, dengan tujuan Cipanas dan sekitarnya yang diperbolehkan melintas, sedangkan kendaraan pribadi dan pengangkut barang dengan tujuan Bogor, diarahkan ke jalur Jonggol dan Sukabumi.

Informasi dihimpun, longsor yang melanda kawasan Gunung Mas-Cisarua, Bogor, terjadi sekitar pukul 2.39 WIB, hujan deras yang melanda kawasan tersebut sejak sore hingga tengah malam menjelang menyebabkan tebing dibagian atas jalan longsor, material longsor menutup landasan jalan nasional sepanjang 100 meter dengan ketinggian beragam.

Akibatnya arus lalulintas dari Bogor menuju Cianjur, atau sebaliknya tidak dapat melintas, sehingga petugas mengarahkan kendaraan ke jalur alternatif. Hingga pagi menjelang, petugas gabungan dari Kementerian PUPR dan dinas terkait di Pemkab Bogor, masih berupaya menyingkirkan material longsor.

"Kami masih menunggu kordinasi dari wilayah hukum Bogor, kalau proses evakuasi sudah selesai, jalur menuju Puncak-Bogor dari Cianjur akan dibuka kembali secara normal," kata Meilawaty.
Baca juga: Jalur utama Bandung-Cianjur kembali dapat dilalui normal

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021