Kapolda Metro Jaya targetkan nol kasus COVID-19 di Tambora

Kapolda Metro Jaya targetkan nol kasus COVID-19 di Tambora

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memantau pelaksanaan Kampung Tangguh Jaya di Roa Malaka, Tambora, Jakarta, Selasa (12/1/2021). (Antara/HO-Polres Metro Jakarta Barat)

Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menargetkan nol kasus COVID-19 di wilayah hukumnya, khususnya di Kampung Tangguh Jaya di Jalan Tiang Bendera, RT05/03, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat.

"Mudah-mudahan jika berjalan efektif, maka kasus-kasus COVID-19 yang terjadi di Jakarta bisa kita turunkan," ujar Fadil di Jakarta, Selasa.

Sebanyak 203 Kampung Tangguh Jaya di zona merah didirikan oleh Fadil dalam rangka mengurangi angka pertumbuhan kasus COVID-19 di lingkungan warga di wilayah hukumnya.

Pelaksanaan Kampung Tangguh Jaya berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan aparat pelaksana yakni Babinkamtibmas dan Babinsa, didukung oleh Dandim, Kapolres, Danramil dan Kapolsek di tiap wilayah.

Misalnya di Roa Malaka, tampak petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) disiapkan untuk melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada lingkungan sekitar warga.

Baca juga: Kapolda dan Pangdam Jaya ingatkan warga bersama-sama lawan COVID-19
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memantau posko kesehatan yang menyediakan jamu tradisional untuk meningkatkan imun warga di Kampung Tangguh Jaya Roa Malaka, Tambora, Jakarta, Selasa (12/1/20201). (Antara/HO-Polres Metro Jakarta Barat)


Papan bertuliskan Kampung Tangguh Jaya terpasang di depan pintu Pos RW 05. Pos tersebut terdapat paket-paket sembako serta masker untuk warga sekitar.

Dispenser besar dan juga dapur umum disiapkan untuk warga kurang mampu yang terdampak COVID-19 untuk masak dan makan di sana. Ibu-ibu PKK pemburu COVID-19 dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, di dalam posko RW Kampung Tangguh Jaya Roa Malaka terdapat petugas medis berpakaian lengkap APD yang disiapkan untuk melakukan tes usap antigen dan tes cepat antibodi,

Petugas medis yang disiagakan di kampung tersebut bertugas untuk melakukan pelacakan dan pengetesan kepada warga yang diduga terpapar. Sementara untuk menambah imunitas warga, terdapat apotek yang menyediakan vitamin serta jamu.

Masyarakat tidak perlu khawatir soal biayanya karena segala yang disediakan oleh aparat Tiga Pilar Jakarta Barat itu diberikan secara gratis.

Baca juga: Kodam Jaya-Polda Metro bentuk Kampung Tangguh percontohan

 
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021