Jakarta (ANTARA) - DPP KNPI mendukung pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Sekjen DPP KNPI, Addin Jauharudin dalam keterangannya, Sabtu mengatakan pihaknya mendukung penuh anak bangsa yang kompeten mengisi pucuk pimpinan Polri.

Baca juga: Gubernur Banten dukung Listyo Sigit jadi Kapolri
Baca juga: Pakar sebut tiga ciri kelompok penolak calon Kapolri Listyo Sigit


"Kami yakin bahwa pilihan Presiden Joko Widodo telah memilih putra terbaik Bayangkara dan mampu melakukan yang terbaik untuk negara," kata Addin.

Ia menyebutkan bahwa Komjen Listyo Sigit memiliki kualitas dan kapasitas serta mampu bekerja secara profesional mengingat tugas berat yang diemban oleh Kapolri.

"Kami sudah melihat sepak terjang beliau dalam memimpin Bareskrim selalu mendapatkan respon positif. Sosok yang dikenal santun namun tegas," kata Addin.

Menurutnya kedepan tentu tantangan dan tugas Polri dalam penegakan hukum tentu semakin berat. KNPI meyakini Listyo Sigit amanah dalam menjalankan tugas, adil dan tetap mengayomi serta terus bersinergi dengan berbagai elemen bangsa.

"DPP KNPI bersama kapolri yang baru, akan berjalan beriringan, satu nafas dalam mengamankan kepentingan masyarakat dan negara," ujarnya.

Komjen Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri, menjadi calon tunggal yang dipilih Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa Purna Bakti pada awal Februari ini.

Listyo Sigit telah dijadwalkan akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR pada pekan depan.


Baca juga: KNPI siap menjadi fasilitator rekonsiliasi
Baca juga: Sosok kapolri harus memiliki kedekatan emosional dengan presiden

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021