Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menaruh harapan kepada Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri dalam menjadikan Polri semakin responsif dan adil.

Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Abdul Rochman dalam pernyataannya, di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa Jenderal Listyo memiliki kapastitas yang sangat memadai untuk menjadi pemimpin tinggi Polri.

Berbekal dengan modal tersebut, publik sangat menaruh harapan besar mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri itu bisa membawa Polri lebih taktis dalam kinerjanya serta transparan.

"Dengan cara ini, maka penegakan hukum yang berkeadilan akan tercipta," ujar Adung, sapaan akrab Abdul Rochman.

Baca juga: HNW apresiasi konsep Polri Presisi telah diterapkan

Ansor memberikan dukungan penuh kepada Jenderal Listyo yang telah dilantik menjadi Kapolri baru oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1) lalu, sehingga kepolisian Indonesia makin meningkatkan perlindungan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Sesuai arahan Gus Yaqut Cholil Qoumas (Ketua Umum GP Ansor), Ansor mendorong Pak Listyo agar membawa Polri semakin responsif dan adil dalam penegakan hukum. Dengan cara itu maka masyarakat akan merasa semakin tenang karena merasa semua terlindungi," ujar Adung.

Sikap responsif tersebut, kata dia, antara lain bisa ditunjukkan kepolisian dengan proaktif dalam melakukan deteksi persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.

Pemetaan masalah sejak dini tersebut selain mencegah gangguan yang lebih besar juga memberikan kepastian rasa aman kepada masyarakat, dan untuk mewujudkannya Polri tidak bisa bekerja sendiri.

"Di sinilah Polri di bawah Jenderal Listyo juga dituntut bisa berkolaborasi dengan stakeholder lain, lebih-lebih di tengah pandemi COVID-19 yang sangat membutuhkan kerja sama sinergis berbagai pihak termasuk para ulama atau tokoh agama," kata Adung.

Di sisi lain, kata dia, masyarakat juga berharap kinerja Polri dalam penegakan hukum terus bisa ditingkatkan dengan modal semangat presisi dan prediktif seperti yang menjadi komitmennya, termasuk dalam menyelesaikan beberapa kasus hukum yang masih belum tuntas penanganannya.

Meski mengemban amanat yang tidak ringan karena bertugas di tengah masa pandemi, Adung mengatakan Ansor optimistis Jenderal Listyo mampu membawa Polri menjadi institusi yang makin berwibawa dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Baca juga: Jenderal Idham ucapkan selamat kepada Jenderal Sigit sebagai Kapolri
Baca juga: Kapolri: Kepemimpinan Jenderal Idham Azis bak burung elang

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021