Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang Jawa Timur terbakar pada Kamis (18/3) malam kurang lebih pada pukul 20.00 WIB.

Setidaknya ada enam mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan untuk memadamkan api yang berkobar kurang lebih pada pukul 20.00 WIB tersebut. Proses pemadaman berlangsung selama kurang lebih 15 menit, dan pemadam kebakaran memastikan bahwa api telah benar-benar padam pada pukul 22.30 WIB.

“Kejadian diperkirakan terjadi pukul 20.00 WIB,” kata Kapolsek Kedungkandang Kompol Yusuf Suryadi, ditemui di lokasi kejadian, Kamis malam.

Baca juga: Layanan SPBU Margomulyo Surabaya dihentikan sementara

Yusuf mengatakan kejadian tersebut bermula pada saat ada sebuah angkutan kota yang mengisi bahan bakar di SPBU tersebut untuk ketiga kalinya.

Angkutan umum tersebut mengisi bahan bakar pukul 17.00, WIB dan kemudian pada 18.00 WIB. Di dalam angkutan umum tersebut, diketahui ada drum bahan bakar, namun tidak terisi.

Yusuf menambahkan, usai mengisi bahan bakar untuk ketiga kalinya, kurang lebih pukul 20.00 WIB, angkutan umum tersebut menuju ke arah pintu keluar. Namun, berdasarkan informasi, pengemudi ditengarai ingin beristirahat di dekat pintu keluar SPBU tersebut.

“Pada saat berbelok ke kanan, muncul percikan api di bagian depan kendaraan tersebut. Pengemudi melompat keluar, namun kendaraan tersebut terus berjalan dalam kondisi terbakar hingga menabrak dispenser bahan bakar minyak kedua,” kata Yusuf.

Baca juga: Polisi masih selidiki kebakaran di SPBU gegara sinyal HP pengemudi

Akibatnya, api yang membakar angkutan umum tersebut menyambar dispenser bahan bakar nomor dua. Selain itu, api juga sempat menghanguskan bagian belakang sebuah mobil pick up yang tengah mengisi bahan bakar.

“Ada enam kendaraan pemadam yang diterjunkan, dalam waktu kurang lebih 15 menit, api berhasil dipadamkan,” kata Yusuf.

Baca juga: Dentuman di SPBU MT Haryono akibat truk tangki terbakar

Pihak kepolisian akan melakukan pendalaman terkait kejadian tersebut. Saat ini, tengah dilakukan perhitungan terkait kerugian material akibat kebakaran tersebut. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu.

“Tidak ada korban. Untuk kerugian material masih kami data,” kata Yusuf.

Baca juga: Angkutan Kota terbakar di depan SPBU Cengkareng Timur

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021