Banjarmasin (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto meminta Perum LKBN ANTARA menjadi media penyejuk jelang pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan gubernur Kalsel 9 Juni 2021 mendatang.

"Sebagai kantor berita yang menyebarluaskan informasi ke masyarakat, saya sangat berharap peran strategis ANTARA jadi penyejuk di tengah ramainya pemberitaan antarkubu paslon yang berhadapan," kata Kapolda saat bertemu Kepala Biro ANTARA Kalimantan Selatan Aulia Badar di Banjarmasin, Kamis.

Menurut Rikwanto, ANTARA adalah media terpercaya dan pastinya netral untuk tidak memihak kubu manapun yang kini bertarung di pilkada.

Sehingga sangat diharapkan dia sikap netral tersebut berbuah pemberitaan berimbang sekaligus menyejukkan bagi masyarakat.

"Kalau ada yang panas-panas dikit dari pemberitaan yang berkembang, ANTARA bisa jadi penyejuknya. Saya yakin dan percaya ANTARA masih memegang teguh prinsip akuratnya selain cepat dan penting," tutur jenderal bintang dua itu.

Kemudian Rikwanto menekankan pentingnya upaya bersama memerangi hoaks. Apalagi dia menilai kegaduhan di media sosial akibat hoaks dan cenderung memecah belah persatuan di masyarakat sangat berdampak buruk di kehidupan nyata.

"Mari kita tetap bergandengan tangan meski pilihan politik berbeda. Kita ciptakan gelaran PSU yang lancar, aman dan damai melalui pemberitaan yang positif dan menyejukkan," pungkasnya.
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto berbincang santai bersama Kepala Biro ANTARA Kalimantan Selatan Aulia Badar. (ANTARA/Humaspolda)



Sementara Aulia Badar menegaskan komitmen ANTARA yang senantiasa berupaya mencerdaskan bangsa dengan pemberitaan yang positif dan membangun.

"Kita dukung penuh aparat keamanan dalam hal ini Polda Kalsel bersama TNI untuk mengamankan PSU agar berlangsung dalam suasana kondusif," ucapnya.

Pertemuan Kapolda Kalsel dan Kepala Biro ANTARA Kalimantan Selatan yang turut dihadiri Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di lapangan tenis Korem 101/Antasari Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin itu berlangsung dalam suasana santai penuh keakraban di sela kegiatan olah raga bersama namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021