Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap TNI Angkatan Udara (AU) terus menjadi garda terdepan untuk melindungi ideologi negara, khususnya perlindungan dari sektor udara, serta terus berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat memperingati Hari TNI AU kepada seluruh prajurit TNI AU di Indonesia. TNI AU diharapkan dapat terus menjadi garda terdepan untuk melindungi ideologi negara, khususnya perlindungan dari sektor udara, serta terus berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia mengapresiasi peran TNI AU dalam berbagai hal, misalnya, menyiapkan Rumah Sakit dan menugaskan tenaga kesehatan untuk menangani masyarakat yang terpapar COVID-19.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada prajurit TNI AU yang masih terus terlibat dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan atau Adaptasi Kebiasaan Baru kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: HUT ke-75, Kasau bertekad jadikan TNI AU disegani di kawasan

Baca juga: HUT Ke-75, Panglima TNI harapkan TNI AU tingkatkan profesionalitas


Bamsoet juga meminta prajurit TNI AU agar terus siaga membantu pemerintah untuk menjalankan misi kemanusiaan seperti penjemputan dan pendistribusian alat kesehatan serta kebutuhan logistik ke seluruh penjuru daerah di Indonesia,

"Langkah itu karena di tengah situasi pandemik saat ini, banyak masyarakat yang semakin membutuhkan bantuan dan pertolongan," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu juga mendorong TNI AU ke depannya dapat terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya untuk melindungi dan menjaga pertahanan negara dan diarahkan untuk mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digital saat ini.

Karena itu dia berharap agar Kementerian Pertahanan bersama DPR RI dapat meningkatkan alokasi anggaran untuk TNI AU ke depannya serta penyerapannya dapat lebih optimal.

Usulan tersebut menurut dia karena masih banyak pekerjaan dan peran TNI AU dalam mendukung pertahanan udara Indonesia.

Baca juga: HUT ke-75, Kadispenau: Momentum TNI AU bantu penanggulangan COVID-19

Baca juga: DPR harapkan TNI AU bisa menjaga pertahanan udara


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021