Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X segera melakukan sosialisasi vaksinasi bagi seluruh dosen perguruan tinggi dalam lingkup kerjanya di wilayah Sumbar, Jambi, Riau dan Kepri.

"Kami sudah terima surat bahwa LLDIKTI diminta untuk mengkoordinasikan sosialisasi vaksinasi dengan mengontak perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran, dalam hal ini mungkin lebih ke rumah sakit," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri MBA di Padang, Rabu.

Ia mengatakan akan segera berkoordinasi dengan beberapa perguruan tinggi di tiap provinsi tersebut yang mungkin bisa digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi.

Untuk Provinsi Sumatera Barat lokasi yang memungkinkan untuk pelaksanaan vaksinasi adalah di Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand).

Baca juga: LLDikti sebut delapan PTS jadi sentra vaksinasi PTK di Jakarta

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X raih tiga penghargaan anugerah humas Dikti 2020


Kemudian untuk di Provinsi Riau ada di Universitas Riau (Unri), lalu di Provinsi Jambi direncanakan di Universitas Jambi (Unja), dan di Provinsi Kepulauan Riau adalah Universitas Batam (Uniba).

Menurut dia, secara teknis nantinya LLDIKTI akan melapor ke rumah sakit di perguruan tinggi kemudian rumah sakit itu yang akan menetapkan jadwal vaksinasi.

Prof Herri mengatakan sebelum keluarnya surat dari pusat tersebut, sudah ada beberapa perguruan tinggi di wilayahnya yang mengambil inisiatif sendiri untuk melaksanakan vaksinasi.

"Alhamdulillah, untuk Sumatera Barat dan provinsi lain yang ada di bawah kita sudah ada yang melaksanakan vaksin itu dan tentu selanjutnya kita mengikuti arahan dari Kementerian dalam pelaksanaan vaksin itu," ucapnya.

Ia menargetkan seluruh dosen di LLDIKTI Wilayah X yang berjumlah 10.000 bisa segera divaksinasi sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dimulai pada Juli 2021.

Ia berharap melalui vaksin, dosen dapat memberikan rasa aman kepada mahasiswanya sekaligus dapat membentengi diri dari paparan COVID-19.

"Mari kita ikuti vaksinasi sebagai sebuah ikhtiar. Sebagai umat manusia, kita diharuskan untuk berupaya menjaga diri melalui vaksin, disamping tetap menjaga prokes. Tingkatkan ibadah dan berdoa supaya lebih tenang menghadapi cobaan," ujar dia.*

Baca juga: LLDIKTI Wilayah XI dorong dosen tingkatkan pelaksanaan Tri Dharma

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X umumkan pemenang Entrepreneurship Award ke-IV 2020

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021