Bandung (ANTARA) - Seribuan orang dari puluhan organisasi Islam bergabung dalam aksi solidaritas untuk Palestina dengan berjalan dari Gedung Sate hingga ke Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Koordinator aksi Julhayadi Arya Puntara mengatakan ada beberapa poin tuntutan yang disampaikan dalam aksi tersebut. Pertama menuntut kepada Israel untuk menghentikan kebiadaban-nya dan penjajahan terhadap negara Palestina.

"Kami mengimbau kepada warga Palestina terutama Hamas dan Fatah untuk segera bersatu mendeklarasikan diri kemerdekaan Palestina," ujar Julhayadi.

Selain itu pihaknya juga meminta kepada pemerintah Indonesia untuk mengirimkan bantuan untuk Palestina. Bantuan itu, kata dia, bukan hanya logistik dana dan doa, tetapi juga bantuan militer untuk Palestina.

"Kami juga meminta dunia internasional, khususnya PBB untuk menghentikan dan menyeret Israel ke mahkamah internasional," ucap-nya.

Baca juga: Gencatan senjata Gaza bertahan saat Mesir bicara dengan Hamas, Israel

Baca juga: Organisasi kemanusiaan akan kirim relawan medis dan obat ke Gaza


Adapun seribuan massa aksi itu terdiri dari berbagai kalangan usia, mulai dari orang dewasa, pemuda, hingga anak-anak. Mereka membawa berbagai atribut Palestina, mulai dari spanduk, hingga bendera Palestina berukuran besar.

Melalui aksi tersebut, ia pun meminta kepada seluruh umat islam di dunia agar bersatu untuk memberikan kontribusi-nya dalam kemerdekaan Palestina yang selama ini kerap mendapat agresi militer Israel.

Saat ini, ia mengatakan para organisasi islam yang mengikuti aksi itu telah menggalang donasi yang dikoordinasi oleh Dewan Dakwah sebagai wujud nyata membantu rakyat Palestina.

"Ditargetkan sebanyak-banyaknya, ini untuk membantu saudara kita di Palestina untuk membantu kemerdekaannya," kata dia.

Baca juga: Erick sampaikan komitmen keumatan dan kemanusiaan ke rakyat Palestina

Baca juga: Anggota DPR minta audit dana bantuan buat Palestina

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021