Kunjungan kami ini sekaligus melaporkan perencanaan kami dan untuk upaya sinergi dan menunggu arahan dari bapak Menpora ...
Makassar (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali mendukung kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan.

Zainuddin Amali dalam rilis yang diterima di Makassar, Senin, mengatakan akan mengeluarkan rekomendasi kepada kementerian PUPR agar mendapatkan dukungan alokasi anggaran dari APBN.

Terlebih lagi, kata dia, dalam rancangan Perpres tentang Grand Design Olahraga Nasional, Provinsi Sulsel menjadi salah satu dari 10 provinsi yang dijadikan sentra olahraga sehingga layak untuk mendapat perhatian dalam peningkatan sarana dan prasarana olahraga.

Baca juga: Gubernur Sulsel pastikan kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging

Menpora pun berharap agar desain dari stadion Mattoangin bisa mengadopsi arsitektur berdasarkan kearifan lokal.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, dirinya sengaja datang untuk melaporkan dan menyampaikan aspirasi mengenai sarana prasarana olahraga di Sulsel termasuk soal stadion.

"Kami juga menyampaikan harapan setelah melakukan pertemuan dengan beberapa komunitas suporter PSM Makassar," tuturnya.

Ia pun memaparkan, perencanaan pembangunan desain tambahan (additional design) stadion yang sempat menjadi kandang tim PSM Makassar pada beberapa musim kompetisi yang lalu itu.

Desain tambahan ini masih sementara dalam progres, namun ia mengatakan bahwa pembangunan akan dilakukan secara bertahap dengan setiap tahapannya akan fungsional.

Baca juga: Pemkot Makassar tinjau ulang Amdal Lalin Stadion Mattoanging

"Kunjungan kami ini sekaligus melaporkan perencanaan kami dan untuk upaya sinergi dan menunggu arahan dari bapak Menpora sehingga apa yang kami rencanakan akan inline dengan program strategis dari Kemenpora," urainya.

Menurutnya, Menpora setuju dengan dilakukan additional design yang menyesuaikan kemampuan keuangan daerah yakni dengan kapasitas 20.000 seat dengan single seat dan tetap memenuhi standar FIFA.

"Karena menurut bapak Menpora dengan kapasitas 20.000 tersebut itu sudah memenuhi standar FIFA tinggal menyesuaikan fasilitas-fasilitas lainnya yang juga memenuhi standar FIFA," jelas Andi Sudirman.

Baca juga: Menanti kemegahan Stadion Mattoanging

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021