Beijing (ANTARA) - Arus keluar-masuk bandar udara di beberapa kota di wilayah selatan China diperketat sejak bertambahnya kasus positif COVID-19 dalam dua pekan terakhir.

Siapa saja yang tiba dan berangkat dari Bandar Udara Internasional Baiyun, Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, harus memindai kode kesehatan yang terpasang di Terminal 1 dan Terminal 2, terhitung mulai Selasa (8/6).

Hasil tes negatif yang berlaku dalam 48 jam terakhir menjadi syarat utama memasuki salah satu bandara tersibuk di Asia itu.

Bagi para penumpang transit yang kurang dari 24 jam tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR, namun tetap harus memindai kode kesehatan.

Di Kota Shenzhen, Guangzhou, para penumpang kereta metro juga harus memindai batang kode kesehatan.

Bagi orang yang mendapatkan hasil pemindaian kode kesehatan berwarna kuning atau merah tidak diizinkan menggunakan jasa kereta bawah tanah itu.

Pelaju yang melintasi dua pos perbatasan di Kota Zhuhai, Guangdong, China, dan Gongbei, Makau, harus bisa menunjukkan hasil negatif tes PCR yang berlaku dalam 48 jam terakhir.

Aturan tersebut juga berlaku bagi warga asing, warga China, Hong Kong, dan Taiwan yang memasuki wilayah daratan Tiongkok melalui dua pos perbatasan itu.

Dalam dua pekan terakhir ditemukan kasus positif COVID-19 di Guangzhou secara sporadis. Beberapa distrik di Guangzhou dan Foshan aksesnya ditutup total (lockdown).

Guangzhou menjadi tempat karantina terbesar bagi para pengguna jasa penerbangan internasional sebelum melanjutkan perjalanan ke kota-kota lainnya di China.

China menerapkan karantina terpusat selama 14 hari di bandara kedatangan internasional.

Selanjutnya karantina 14 hari lagi diatur oleh masing-masing pemerintah daerah. 

Baca juga: Foshan jadi kota kedua di Guangdong yang ditutup total
Baca juga: Penularan COVID lebih cepat, ratusan penerbangan di Guangzhou batal
Baca juga: China laporkan lonjakan COVID di Guangzhou, penerbangan dibatalkan

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021