LLDIKTI-X minta mahasiswa manfaatkan program kampus mengajar

LLDIKTI-X minta mahasiswa manfaatkan program kampus mengajar

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X meminta mahasiswa yang ingin mengikuti program kampus mengajar supaya dapat mengikuti dan memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA di Padang, Rabu, mengatakan mahasiswa yang ingin ikut program tersebut akan diseleksi melalui kementerian terlebih dahulu karena mahasiswa akan diberi kesempatan menunjukkan kinerjanya.

"Gunakanlah kesempatan tersebut dengan baik karena tidak semua orang bisa mengikutinya. Yang penting dapat pengalaman berinteraksi dengan masyarakat terutama juga dengan siswa, semoga mahasiswa dapat pengalaman seperti yang diharapkannya," ucapnya.

Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar kampus dengan membantu pembelajaran literasi dan numerasi di jenjang SD dan SMP selama satu semester.

Baca juga: 81 PTS LLDIKTI Wilayah X peroleh hibah penelitian Kemdikbudristek

Baca juga: LLDIKTI-X segera sosialisasikan vaksinasi bagi seluruh dosen


Persyaratan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program itu adalah mahasiswa S-1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berada di bawah naungan Ditjen Dikti Kemendikbudristek dan terdaftar di PDDikti.

Kemudian, yang berhak ikut adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah minimal semester lima pada semester genap tahun akademik 2021/20221.

Selain itu, mahasiswa mesti memiliki nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3 dari skala 4 dan diutamakan memiliki pengalaman mengajar atau berorganisasi.

Pendaftaran program tersebut telah dibuka sejak 15 Juni hingga 30 Juni 2021. Proses seleksi dilakukan pada 1-19 Juli, pembekalan dan pemberangkatan pada 22-30 Juli dan penugasan dilakukan pada 2 Agustus sampai 17 Desember 2021.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pengakuan beban studi pada mata kuliah sampai dengan 20 SKS (Satuan Kredit Semester) serta mendapat bantuan biaya hidup.

Manfaat lainnya yang akan diperoleh mahasiswa yaitu dapat melatih keterampilan yang akan berguna di masa depan, baik dalam kehidupan personal dan profesional.

Sosialisasi Program Kampus Mengajar telah dilakukan pada 15 Juni 2021 dan hanya dapat diikuti oleh PTS yang ada di LLDIKTI Wilayah X yang mempunyai Akreditasi Prodi minimal B dan Baik Sekali.*

Baca juga: LLDikti sebut delapan PTS jadi sentra vaksinasi PTK di Jakarta

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X raih tiga penghargaan anugerah humas Dikti 2020
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021