sisanya untuk warga sekitar dan masyarakat umum, boleh warga non muslim
Jakarta (ANTARA) - Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Daan Mogot Jakarta Barat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat dan Polda Metro Jaya membuka layanan vaksinasi massal untuk masyarakat lintas agama.

"Pertama, mungkin yang diimbau karena ini yang mengadakan NU ya untuk warga NU, sisanya untuk warga sekitar dan masyarakat umum, boleh warga non muslim," ujar Wakil Bendahara PCNU Jakarta Barat, Lukmanul Hakim di Jakarta, Kamis.

Menurut Lukmanul, vaksin di Masjid Raya Hasyim Asy'ari sudah berlangsung selama dua kali yakni pada 8 Juli dan 5 Agustus 2021.

Warga yang sudah mengikuti vaksin hari pertama sebanyak 1.300 orang. Untuk hari kedua yang digelar Kamis ini, pihaknya menargetkan 1.300 warga mengikuti vaksin tahap kedua.

"Untuk hari ini vaksin kedua melanjutkan dari yang sebelumnya 1.300 vaksin tahap dua. Sedangkan vaksin pertama kita buka 300 peserta untuk hari ini," kata dia.

Baca juga: Target vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Cengkareng tertinggi se-DKI

Lukmanul berharap warga sekitar mau mengikuti program vaksinasi massal ini agar angka penyebaran COVID-19 bisa berkurang.

"Bisa daftar di tempat, bisa daftar daring. Siapapun warga Indonesia bisa vaksin di sini," kata dia.

Sebelumnya, beberapa rumah ibadah juga digunakan sebagai tempat vaksinasi massal oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat.

Dari data yang diberikan Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto tercatat ada 11 tempat ibadah yang dijadikan lokasi vaksinasi massal COVID-19.

"Masjid dan gereja digunakan sebagai tempat vaksinasi," kata Uus di Jakarta.

Baca juga: 309 warga jalani vaksinasi massal di Kembangan Jakarta Barat

Sebanyak 11 tempat ibadah itu, terdiri dari empat gereja di antaranya Gereja Santa Maria Immakulata Kalideres, Gereja Santo Thomas Rasul Bojong Indah, Gereja Maria Kusuma Karmel Meruya dan Gereja Santo Andreas Kedoya.

Sedangkan tujuh masjid yang jadi lokasi vaksinasi, yakni Masjid Al Mubarokah Tambora, Masjid Al Falah Pal Merah, Masjid Baitus Salam Taman Sari, Masjid Tama Cahaya Kebon Jeruk, Masjid Agung Al Mukhlisin Grogol Petamburan, Masjid Al Istiqomah, dan Masjid Al Hasni di Cengkareng.

Sebagian tempat ibadah tersebut sudah dioperasikan menjadi lokasi vaksinasi dan sisanya mulai beroperasi awal Agustus ini.

Uus menjelaskan Pemkot Jakarta Barat menggandeng para pemuka agama dalam program vaksinasi massal ini karena dianggap dapat mengajak masyarakat untuk vaksin.

Baca juga: PWNU Jakarta gelar vaksinasi massal 3.000 dosis

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021