Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat bekerja sama dengan 11 pusat perbelanjaan untuk menggelar gerai vaksinasi massal dalam rangka mendukung gerakan percepatan vaksin.
​​
Baca juga: Dua artis ajak warga ikut "Vaksinasi Merdeka" di Kembangan

Menurut data yang diterima Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Barat Tamo Sijabat, 11 pusat perbelanjaan itu terdiri dari LTC Glodok, Mal Taman Palem, Green Sedayu Mal, Central Park, dan Neo Soho Mal.

Kemudian Seasons City Trade, Mal Ciputra Jakart, Mal Matahari Puri Daan Mogot, Mal Taman Anggrek, Plaza Slipi Jaya, dan Lippo Mall Puri.

Menurut Tamo, gerai vaksin di pusat perbelanjaan cukup efektif lantaran warga lebih mudah mengakses lokasinya.

Setiap gerai vaksin tersebut, diungkap Tamo, biasanya menampung 200 orang hingga 250 peserta vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Namun, Tamo menuturkan peserta yang hadir di sentra vaksin pusat perbelanjaan hanya mencapai 100 orang saja pada beberapa hari terakhir ini.

"Kapasitas per pusat perbelanjaan 250 tapi yang datang 100 orang. Jadi masih banyak lebihnya," ujar dia.

Maka dari itu, Tamo mengimbau seluruh warga untuk mengikuti vaksinasi massal agar angka penyebaran COVID-19 di Jakarta Barat bisa ditekan.

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Barat memang tengah fokus dalam penanganan COVID-19, salah satunya menggelar vaksinasi massal.
​​

Baca juga: 4.596 nakes di Jakarta Barat jalani vaksinasi tahap tiga

Hingga saat ini, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengungkapkan 1,4 juta warga telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua melalui sejumlah gerai di daerah itu.

"Warga yang sudah divaksin kategori warga DKI dan berdomisili itu ada 1,28 juta," tutur Uus.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah tersebut merupakan gabungan dari penduduk yang berdomisili di Jakarta Barat dan warga luar wilayah.

Berdasarkan data yang diterima Uus, katanya, 1,4 juta orang itu merupakan 68 persen dari total target capaian vaksinasi yang ditetapkan Pemkot Jakarta Barat sekitar 2,05 juta jiwa.

Dia menilai capaian ini merupakan hasil kerja sama tiga pilar yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemkot Jakarta Barat dalam menggenjot program vaksinasi massal seluruh wilayah.

Dia memastikan vaksinasi massal akan terus dilakukan hingga warga Jakarta Barat mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Baca juga: 300 warga di permukiman pemulung Jakbar jalanin vaksin tahap satu

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021