Joe Biden sampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan RI kepada Jokowi

Joe Biden sampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan RI kepada Jokowi

Arsip foto - Presiden AS Joe Biden melambai ke media saat menaiki Air Force One di Pangkalan Bersama Andrews di Maryland, Amerika Serikat, Jumat (9/7/2021). REUTERS/Tom Brenner/AWW/djo.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joseph R. Biden Jr, atau yang biasa dikenal dengan Joe Biden, menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI kepada Presiden Joko Widodo.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan salam hangat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus," kata Presiden AS Joe Biden, seperti disampaikan dalam pernyataan tertulis dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa.

Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat sangat menghargai kepemimpinan demokratis Indonesia di kawasan Indo-Pasifik.

"Kemitraan strategis yang erat di antara kedua negara kita kini semakin penting dibanding sebelumnya," ujar Biden dalam pernyataan yang dikeluarkan Kedubes AS itu.

Biden juga menyampaikan bahwa pihaknya menantikan untuk dapat bekerja sama guna mempererat hubungan ekonomi dan hubungan antar-rakyat Indonesia dan Amerika Serikat, termasuk dalam upaya melawan pandemi COVID-19 dan mendorong pemulihan hijau atau "green recovery".

Presiden AS itu juga mengajak pemerintah Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan Indo-Pasifik dan kawasan-kawasan lainnya.

"Amerika Serikat turut merayakan HUT Kemerdekaan RI bersama Bapak (Jokowi) sebagai sahabat dan mitra," demikian pernyataan dari Joe Biden.

Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat atas pelantikan Joe Biden
Baca juga: Menlu Amerika Serikat ucapkan selamat HUT ke-74 RI
Baca juga: Indonesia harapkan kepemimpinan AS dalam upaya mitigasi pandemi
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021