Jakarta (ANTARA) - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI di Ethiopia ditandai isak dan tangis masyarakat Indonesia yang sudah bertahun-tahun meninggalkan Indonesia untuk bekerja di Ethiopia.

Mereka menangis karena rindu kepada Indonesia dan rasa nasionalisme yang tetap berkobar dan tidak pernah berkurang meski bermukim jauh dari Tanah Air.

Rasa haru dan cinta mereka kepada Indonesia muncul saat Sang Saka Merah Putih dikibarkan dan lagu-lagu nasional diperdengarkan.

Hal itu dikatakan langsung oleh masyarakat Indonesia yang bekerja di Century Garment Plc, ketika bertatap muka secara virtual dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, setelah mereka menggelar upacara bendera secara sederhana di salah satu gedung pabrik tempat mereka bekerja, Selasa (17/8), berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari KBRI Addis Ababa di Jakarta, Selasa.

Dubes Al Busyra sengaja menyapa dan berdialog secara virtual dengan masyarakat Indonesia di Ethiopia pada hari peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

"Masyarakat Indonesia itu bekerja di perusahaan Indonesia di kota Hawassa sekitar 300 km selatan kota Addis Ababa. Meskipun jumlah mereka hanya 29 orang, namun mereka tetap menyelenggarakan upacara bendera bersama," kata Dubes Al Busyra.

Baca juga: Dubes RI Oslo: Indonesia punya banyak PR untuk jadi tangguh
Baca juga: HUT RI di Turki, anggota satgas pelindungan WNI dapat penghargaan

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021