Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menyerahkan bantuan kepada anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena COVID-19 di Cakung, Jakarta Timur, Rabu.

Asisten Deputi Pelayanan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus KPPPA, Robert Parlindungan Sitinjak mengatakan, berdasarkan data yang diterima setidaknya ada 3.124 anak ditinggalkan orang tuanya akibat terpapar COVID-19.

"Maksud tujuan kami ke sini merespon cepat yang ada di lapangan. Seperti tadi di sini hadir ada lintas kementerian, kemudian dari pemerintah daerah setempat," kata Robert di Jakarta, Rabu.

Robert menambahkan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan lintas kementerian terkait dengan pemberian bantuan bagi anak-anak terdampak pandemi COVID-19.

"Jadi kami tidak berdiri sendiri. Tadi sudah dengar ada masalah pendidikan, itu nanti masuk wilayah Kementerian Pendidikan. Ada masalah kesehatan, nanti masuk Kementerian Kesehatan," ujar Robert.

Salah satu penerima bantuan, Ismi mengatakan sangat bersyukur dengan perhatian yang diberikan pemerintah kepada keluarganya.

Anak kedua dari lima bersaudara yang bekerja sebagai "cleaning service" itu menjadi yatim setelah sang ayah meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 pada 15 Juli 2021. Dia pun kini harus membesarkan adik-adiknya seorang diri.

"Aku sekarang kerja sendiri walaupun enggak penuh (full) di kantor tapi masih dapat gaji. Bantuan ini aku utamakan buat pendidikan adik-adik aku supaya bisa terus sekolah," ujar Ismi.
Baca juga: DKI bantu anak yatim piatu yang kehilangan orang tua akibat COVID-19
Baca juga: Polda Metro perluas Vaksinasi Merdeka ke wilayah penyangga Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021