Jakarta (ANTARA) - Upacara pengibaran bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia diselenggarakan oleh KJRI Chicago di Daley Plaza, salah satu lokasi monumental (landmark) tempat acara kenegaraan sering dilaksanakan di kota tersebut.

Bekerja sama dengan diaspora dan masyarakat Indonesia, acara pengibaran bendera di lokasi itu merupakan acara penting bagi komunitas Indonesia di Midwest, Amerika Serikat (AS).

Acara tersebut juga menjadi ajang pameran kebudayaan Indonesia dan kontribusi diaspora Indonesia, yang tergabung dalam komunitas Indonesia-Amerika, di Chicago, salah satu kota multietnis terbesar di AS.

Dalam acara tersebut, Konsul Jenderal RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir menyampaikan bahwa Indonesia dianugerahi oleh kekayaan alam dan khazanah budaya yang sangat kaya, dengan lebih dari 300 grup etnis hidup dengan harmonis di bawah semboyan Bhinneka Tunggal Ika atau unity in diversity.

“Kami harap setelah pandemi berakhir, masyarakat AS bisa berkunjung ke Indonesia dan menikmati semua kekayaan alam dan budaya yang Indonesia miliki,” kata Konjen Meri seperti dikutip dalam keterangan KJRI Chicago, Kamis.

Komunitas Indonesia-Amerika juga diakui oleh Wali Kota Chicago Lori Lightfoottelah memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan dan pertumbuhan kota tersebut.

“Dengan melihat kontribusi yang sudah diberikan komunitas Indonesia kepada Kota Chicago, maka dengan ini 17 Agustus diumumkan sebagai Hari Ulang Tahun Peringatan Kemerdekaan Indonesia dan kami mendorong agar masyarakat Chicago ikut merayakan momen yang penting ini setiap tahunnya,” ujar Anel Marchan,Deputy Director Global Strategic Initiatives World Business Chicago, dalam pidatonya mewakili Wali Kota Lightfoot.

Ucapan HUT RI juga datang dari tamu-tamu penting lainnya, termasuk Anggota Kongres Danny K Davis yang mewakili Gubernur Illinois, Cook County Treasurer Maria Pappas, dan Konsul Kehormatan Belgia yang hadir mewakili Ketua (Dean) Chicago Consular Corps, Paul Van Halteren.

Paul Van Halteren, yang sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia dan bisa berbahasa Indonesia, menyampaikan kekagumannya akan kekayaan budaya Indonesia dan mengatakan bahwa dia selalu mendorong orang-orang untuk datang ke Indonesia.

”Indonesia itu sangat cantik. Berkunjung ke Indonesia itu tidak hanya cukup sekali, tapi harus setidaknya 10 kali,” kata Halteren, yang merupakan seorang pengusaha bidang pariwisata.

Martino Tangkar sebagai salah satu diaspora Indonesia menyampaikan bahwa komunitas adalah hal yang sangat penting di AS.

“Amerika dibangun di atas bahu berbagai macam komunitas. Karenanya, sangat penting untuk memastikan bahwa komunitas dan kebudayaan Indonesia dikenal oleh lebih banyak orang Amerika. Acara ini adalah salah satu cara untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat AS,” tutur Martino.

Tidak hanya pengibaran bendera Indonesia berukuran raksasa dan diiringi oleh paduan suara dari Paguyuban Warga Katolik Indonesia (PWKI) Chicagoland, peringatan HUT RI tahun ini juga menampilkan tiga penampilan budaya spesial. 

Ketiga penampilan tersebut adalah Tari Puspanjali, Tari Porosan, dan Tari Barong, yang merupakan kolaborasi kelompok seni tari Indonesian Performance Arts Chicago (IPAC) dan Indonesia Dance in Illinois (IDI).

Setelah upacara selesai, tamu-tamu menikmati hidangan Indonesia dan pulang dengan membawa bingkisan berisi berbagai macam produk Indonesia, mulai dari kopi, bumbu instan, syal batik, dan lilin dari UMKM Indonesia yang bisa didapatkan di Chicago.

Masih dalam rangkaian peringatan HUT RI, pada 13 Agustus 2021 KJRI Chicago bersama Colectivo Coffee, salah satu ritel kopi terbesar di Midwest, juga menyelenggarakan Indonesian Coffee Day dalam rangka mempromosikan kopi spesial khas Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, kopi jenis Java Frinsa yang didatangkan secara khusus dari Pengalengan, Jawa Barat, disajikan kepada lebih dari 200 pengunjung yang hadir.

Para pengunjung pada umumnya mengapresiasi kegiatan tersebut dan menyampaikan ketertarikan mereka terhadap kopi Indonesia yang menurut mereka memiliki rasa dan aroma wangi yang khas serta berbeda dari jenis kopi yang umumnya dijajakan di AS.

KJRI Chicago juga akan mengadakan Lomba Batik dan seminar daring inspirasi bertema investasi dengan CEO Sucor Sekuritas pada 21 Agustus sebagai mendatang sebagai bagian dari perayaan HUT RI.

Baca juga: Gandeng pakar cita rasa, KJRI Chicago perkenalkan kopi Indonesia

Baca juga: Toko Indonesia hadirkan produk makanan, minuman di Chicago



 

Upacara hari kemerdekaan RI di Beijing

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021