Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar sebuah foto di media sosial Twitter yang menyebut planet Merkurius, Venus, dan Saturnus berada sejajar tepat di atas tiga Piramida Giza di Mesir.

Unggahan di Twitter itu juga menyematkan narasi kejadian itu telah diabadikan pada 3 Desember 2012 dan merupakan kejadian pertama sejak 2737 tahun lalu.

Hingga 19 Agustus 2021, pukul 14.50 WIB, cuitan itu sudah mendapatkan perhatian berupa 215 kali unggahan ulang, disukai 1.132 pengguna lain, dan dikutip sembilan kali.

Tapi, apakah benar terjadi posisi planet Merkurius, Venus, dan Saturnus tepat di atas tiga piramida di Mesir itu?
 
Tangkapan layar unggahan di Twitter yang menyebutkan planet Merkurius, Venus, dan Saturnus berada sejajar tepat di atas Piramida Giza di Mesir. (Twitter)


Penjelasan:
Mengutip laman Turnbackhoax.id, foto yang disematkan dalam unggahan di Twitter itu bukanlah peristiwa alam yang sebenarnya.

Foto identik ditemukan pada artikel berjudul “2012 and the Pyramids At Giza” yang terbit pada 26 April 2011 di World-Mysteries Blog.

Foto itu dibuat oleh sang penulis artikel, Charles Marcello, menggunakan program daring gratis Stellarium untuk memenuhi rasa penasarannya terkait planet alignment pada 2012.

Merujuk sumber AFP, Direktur Museum Sains dan Kosmos Tenerife Hector Socas-Navarro mengatakan Merkurius, Venus, dan Saturnus berada di langit pada siang hari pada 3 Desember 2012. Tapi, ketiga planet tersebut tidak dapat dilihat.

Klaim postingan yang menyebutkan Merkurius, Venus, dan Saturnus pada posisi sejajar setiap 2.737 tahun juga tidak benar.

"Gambar itu tidak dapat ditangkap, atau paling banyak saat fajar ataupun senja. Merkurius mengorbit mengelilingi Matahari dalam 88 hari, Venus dalam 225 hari, dan Saturnus dalam 29 tahun. Ini berarti kita bisa melihat ketiganya setahun sekali, ketika bumi berada di sisi berlawanan dari Matahari dari Saturnus," kata Socas-Navarro.

Klaim: Merkurius, Venus, dan Saturnus tepat di atas Piramida Giza
Rating: Hoaks

Cek fakta: Misinformasi! WHO temukan vaksin COVID-19 palsu di Indonesia

Baca juga: Lapan: Amati konjungsi Merkurius-Venus besok sore di langit Barat Bumi

Baca juga: NASA umumkan finalis penjelajah komet dan satelit Saturnus

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021