Pada hari ini jumlah kasus aktif yang tercatat di Purbalingga sebanyak 601 orang
Purwokerto (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga Selasa ini sebanyak 15.753 orang.

"Jumlah pasien sembuh ini bertambah 124 orang bila dibandingkan data hari sebelumnya yang berjumlah 15.629 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono ketika dihubungi dari Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Dia menambahkan total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sejak awal penanganan sebanyak 17.423 orang.

Baca juga: Purbalingga percepat vaksinasi COVID-19 bagi pelaku sektor pariwisata

Dari jumlah tersebut 15.753 dinyatakan sembuh, 1.069 meninggal dunia, 170 masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan dan 431 lainnya melakukan isolasi mandiri.

"Pada hari ini jumlah kasus aktif yang tercatat di Purbalingga sebanyak 601 orang," katanya.

Dia menambahkan bahwa kasus aktif di wilayah ini terus mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Dia menambahkan, berbagai upaya pembatasan yang dilakukan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Purbalingga mempunyai peran besar dalam penurunan kasus aktif di wilayah ini.

Baca juga: Pemkab: Kasus aktif COVID-19 di Purbalingga cenderung menurun

"PPKM menunjukkan hasil efektif dengan adanya tren penurunan kasus aktif COVID-19," katanya.

Sementara itu, dia juga kembali mengingatkan bahwa meskipun kasus aktif mengalami penurunan namun dia meminta masyarakat untuk terus mewaspadai COVID-19.

Dia mengatakan pihaknya terus melakukan pemuktahiran data secara berkala agar dapat menginformasikan perkembangan terkini kasus COVID-19.

Dia berharap dengan adanya informasi yang berkesinambungan diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan memperkuat lagi protokol kesehatan.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 12.285 orang

Dia mengatakan pihaknya juga terus mengintensifkan edukasi dan sosialisasi mengenai COVID-19, cara pencegahan dan perlunya penguatan protokol kesehatan.

"Selain sosialisasi prokes kami juga terus menggencarkan program vaksinasi COVID-19," katanya.

Pemkab Purbalingga, kata dia, juga mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk ikut berperan aktif dalam program percepatan penanganan COVID-19.

Penerapan program 3T, kata dia, juga perlu didukung dengan penerapan 3M di tengah masyarakat, yaitu dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Purbalingga yang sembuh 10.706 orang

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021