Malaysia sumbang peralatan COVID-19 ke Indonesia

Malaysia sumbang peralatan COVID-19 ke Indonesia

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah (kiri) Menteri Pertahanan Hishamuddin Hussein (tengah) dan Dubes Hermono (kanan) saat penyerahan peralatan dan obat-obatan terkait COVID-19 kepada Indonesia yang dikirim melalui Pangkalan Udara Subang, Negara Bagian Selangor, Rabu (15/9). ANTARA/HO-Athira Hani KLN.

Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia menyumbangkan peralatan dan obat-obatan terkait COVID-19 kepada Indonesia yang dikirim melalui Pangkalan Udara Subang, Negara Bagian Selangor, Rabu (15/9).

Penyerahan bantuan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah dan Menteri Pertahanan Malaysia Hishamuddin Hussein kepada Duta Besar RI di Kuala Lumpur Hermono.

Saifuddin Abdullah mengatakan usaha ini mencerminkan hubungan baik dan kukuh di antara kedua negara.

"Berbagai kementerian dan lembaga Malaysia telah bekerjasama erat dalam keberhasilan usaha ini. Sebagai tetangga terdekat, Malaysia dan Indonesia akan terus bekerjasama erat dalam memerangi pandemik COVID-19," katanya.

Sumbangan yang disampaikan Malaysia berupa wadah tangki ISO dengan oksigen cair, konsentrator oksigen, obat-obatan terapeutik dan barang-barang medis sekali pakai.

Pengiriman bantuan ini telah diantar melalui pesawat Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) dan barang-barang lainnya akan diantar secara bertahap.

"Malaysia akan meneruskan kerjasama yang erat dengan negara-negara anggota ASEAN dan rekan internasional dalam menangani implikasi COVID-19 serta ke arah pemulihan sepenuhnya," katanya.

Pada kesempatan tersebut Duta Besar RI di Kuala Lumpur Hermono menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Malaysia yang telah memberikan donasi peralatan untuk menangani COVID-19 di Indonesia.

Sebelumnya Malaysia juga memberikan sumbangan peralatan dan pengobatan COVID-19 ke Irak.

Baca juga: Perusahaan Malaysia dukung laboratorium diagnosa COVID di Indonesia
Baca juga: Satgas COVID-19 di batas RI-Malaysia siapkan ruang isolasi untuk PMI
Baca juga: COVID-19 di Malaysia meningkat, siswa SIKL kembali belajar di rumah
Pewarta : Agus Setiawan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021