KBRI Tokyo fasilitasi "sister school" Indonesia-Jepang

KBRI Tokyo fasilitasi

Tangkapan layar penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) program sister school antara SMA Pradita Dirgantara dan Sekolah Menengah Atas Meikei di Jepang pada Kamis (7/10/2021). (ANTARA/HO-KBRI Tokyo)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Tokyo mendorong penguatan kerja sama bidang pendidikan antara Indonesia dan Jepang, salah satunya dengan memfasilitasi program sister school antara SMA Pradita Dirgantara dan Meikei High School di Jepang.

Dalam keterangan tertulis KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Jumat, dikatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman antara SMA Pradita Dirgantara yang dikelola oleh Yayasan Yasarini TNI Angkatan Udara dan Meikei High School di Tsukuba, Jepang itu dilakukan secara virtual pada Kamis (7/10).

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam sambutannya mengatakan kerja sama itu menjadi sarana kolaborasi dan pertukaran nilai pendidikan dan budaya kedua sekolah tersebut.

“Kerja sama ini dapat memberikan kesempatan kepada tenaga pengajar maupun siswa dalam memperluas cakrawala pendidikan internasional di dunia yang semakin terhubung saat ini. Dengan demikian dapat meningkatkan mutu pendidikan kedua sekolah dan mempererat hubungan kerja sama Indonesia Jepang di bidang pendidikan,” kata Dubes Heri.

Ketua Umum Yayasan Yasarini Nanny Hadi Tjahjanto yang menghadiri acara tersebut secara daring mengatakan kerja sama yang terjalin itu merupakan bagian dari upaya SMA Pradita Dirgantara untuk membuka akses terhadap pendidikan dengan standar internasional.

Kerja sama itu diharapkan dapat mewujudkan visi untuk mencetak pemimpin masa depan yang berkualitas global dan mampu membangun bangsa.

Kepala Sekolah Meikei High School Jun Miyazaki berharap agar penandatanganan nota kesepahaman tersebut dapat memperkuat kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Jepang khususnya di bidang STEAM (sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika).

Baca juga: Dubes RI di Jepang dorong kerja sama kehutanan dengan Sumitomo
Baca juga: KBRI Tokyo bentuk sentra UKM Indonesia di Jepang

Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021