Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengajak para duta besar negara sahabat untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door) di Tarakan, Kalimantan Utara.

"Saya datang ke kota Tarakan, provinsi Kalimantan Utara untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi dari pintu ke pintu, 'door to door' yang dilaksanakan secara jemput bola yang dikoordinasi oleh BIN (Badan Intelijen Negara)," kata Presiden Jokowi di Tarakan, Kaltara, Selasa.

Menurut Presiden Jokowi, melalui vaksinasi dari pintu ke pintu, vaksinator lah yang datang dari rumah ke rumah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk memudahkan masyarakat agar mendapat vaksin secepat-cepatnya. Ini untuk mempercepat capaian vaksinasi secara nasional karena kita berharap di akhir tahun nanti lebih dari 70 persen penduduk kita telah divaksinasi," tambah Presiden.

Jumlah total peserta vaksinasi dari pintu ke pintu maupun vaksinasi terpusat adalah 70 ribu orang.

Mereka tidak hanya tinggal di Kalimantan Utara tapi juga di provinsi-provinsi lainnya yaitu di Kalimantan Tengah, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

"Hari ini peserta vaksinasinya sebanyak 70 ribu orang, 30 ribu (adalah) masyarakat yang dilakukan dengan 'door to door' dan 40 ribu pelajar SMP, SMA, SMK dan para santri," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi berharap vaksinasi tersebut dapat memberikan perlindungan maksimal bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa terproteksi dari penyebaran COVID-19.

Pemerintah sudah menerima total 270 juta dosis per 16 Oktober 2021 dengan target vaksinasi adalah 208.265.720 orang demi mencapai kekebalan komunal.

Per Selasa (19/10), sudah ada 109.005.627 orang (52,34 persen dari target) yang mendapatkan vaksin tahap pertama sedangkan mereka yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua adalah sebanyak 64.008.898 orang (30,73 persen dari target). Khusus untuk tenaga kesehatan sudah ada 1.078.155 orang yang mendapat vaksin dosis ketiga.

Para duta besar yang turut menyaksikan vaksinasi "door to door" yaitu Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek beserta istri, Duta Besar Cili untuk Indonesia Gustavo Nelson Ayares Ossandron, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Jari Sinkari, Duta Besar Swiss untuk Indonesia Kurt Kunz, Wakil Duta Besar Brazil untuk Indonesia Daniel Barra Ferreira, dan Country Director Bank Dunia Satu Kahkonen.

Turut hadir mendampingi Presiden yaitu Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang.

Baca juga: Presiden Jokowi tanam mangrove bersama para dubes di Tana Tidung

Baca juga: Presiden Jokowi targetkan rehabilitasi 600 ribu hektare hutan mangrove

Baca juga: Presiden disambut prosesi adat tepung tawar di Tana Tidung

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021