Kapolri tiba di Labuan Bajo menghadiri Konferensi Polwan Sedunia

Kapolri tiba di Labuan Bajo menghadiri Konferensi Polwan Sedunia

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyambut kedatangan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (5/11/2021) sore. ANTARA/HO-Humas Polri

Labuan Bajo (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah tiba di Labuan Bajo pada Jumat sore, untuk menghadiri Konferensi Polwan Sedunia atau The International Association of Women Police (IAWP) Conference.

"The 58th International Association of Women Police akan dibuka secara resmi oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada hari Senin nanti," kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri Irjen Pol Johni Asadoma dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat.

Dewan Direksi IAWP telah memberi kepercayaan kepada Polri untuk menjadi tuan rumah Konferensi IAWP 2020, setelah keputusan dibuat pada tahun 2019 di Quito, Ekuador.

Momen ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia, karena dianggap sebagai negara tuan rumah pertama di Asia sejak berdirinya asosiasi ini pada tahun 1915.

Pemilihan Labuan Bajo sebagai lokasi konferensi tak lain untuk mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Sebagai tradisi Konferensi IAWP, ada beberapa program yang dapat dihadiri oleh peserta yang disesuaikan dengan lokasi acara di Labuan Bajo.

Selanjutnya, program terpenting dari konferensi ini yakni training session yang menghadirkan enam pembicara meliputi Menteri Dalam Negeri, Under Secretary General for Peace Operations, Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Wakapolda Kalimantan Tengah.

Selain itu terdapat 65 pembicara yang akan berbagi keahlian, pengetahuan, dan pengalaman terbaik dalam konferensi tersebut.

Konferensi ini dihadiri oleh 691 peserta luring dan daring dari 38 negara seperti Asia, Australia, Eropa, Amerika, Afrika, Timur Tengah, serta delapan organisasi internasional.

"Konferensi ini dianggap sebagai konferensi IAWP dengan konsep hybrid pertama dalam sejarah IAWP, sehingga dapat dihadiri oleh peserta melalui platform daring maupun luring," kata Johni.
Baca juga: Indonesia tuan rumah Konferensi Asosiasi Polisi Wanita Internasional
Baca juga: Yogyakarta jadi tuan rumah Konferensi Internasional Polisi Wanita
Pewarta : Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021