Kidzania gandeng BRI buka "Bank of Kidzania"

Kidzania gandeng BRI buka

Kerry Adrianto Riza (kanan), President Director KidZania Jakarta, mencoba simulasi apilkasi BRImo disaksikan Prilly Savitri (kiri), Executive Vice President Marketing Communication Bank BRI, usai penandatanganan kerja sama KidZania dan Bank BRI di Jakarta, Rabu (10/11/2021).   (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - KidZania kembali hadir dengan gebrakan baru menggandeng Bank BRI dengan meluncurkan establishment baru: "Bank of KidZania".

“Kami sudah bekerja sama dengan KidZania sejak 2015, semoga kerja sama ini bisa berlanjut hingga kemudian hari. KidZania kami nilai cocok dengan nilai perusahaan untuk membiasakan menabung sejak usia dini,” kata Prilly Savitri, Executive Vice President Marketing Communication Bank BRI dalam acara penandatanganan kerja sama di Pasific Place, Jakarta Selatan pada Rabu (10/11).

Dalam siaran pers, Kamis, Prilly mengatakan nantinya, kerja sama dengan Bank BRI juga akan dilanjutkan ke KidZania cabang Surabaya.

Peresmian kerja sama dengan Bank BRI sekaligus menandai geliat program KidZania yang sempat terganggu pandemi COVID-19. Kerry Adrianto Riza, President Director KidZania Jakarta, menuturkan bahwa beberapa program yang tertunda sejak tahun lalu hingga kini mulai dilanjutkan kembali.

“Jadi Kidzania Jakarta selama pandemi tetap melakukan perawatan secara berkala dan rutin. Artinya, karyawan tetap kita hadirkan dari ragam divisi untuk melakukan pembersihan dan perawatan secara menyeluruh, walaupun tentu tidak secara masif. Kita menghindari jamur dan kotoran-kotoran. Yang penting itu untuk perawatannya,” ujar Kerry Riza.

Baca juga: Mitsubishi hadirkan Xpander di arena edukasi anak Kidzania

Setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah DKI Jakarta dilonggarkan, KidZania langsung tancap gas untuk melakukan ekspansi. Kerry Riza juga menegaskan KidZania tetap patuh pada semua aturan dan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

“Yang datang ke sini pertama itu adalah segmen market utama kita, anak di bawah 12 tahun dengan didampingi orang tua yang sudah divaksin. Mereka masuk melalui scan PeduliLindung. Yang kedua kita menciptakan segmen baru untuk anak-anak berusia di atas 12 tahun yang kita sebut teenagers. Kita mengadakan program-program bersama untuk menyasar segmen teenagers tersebut di era pandemi ini,” lanjut Kerry Riza.

Untuk menggaet segmen pasar anak di atas 12 tahun, KidZania sudah menyiapkan beberapa strategi. Yang pertama, dengan membawa anak-anak tersebut kembali ke masa ketika mereka bermain di KidZania. Sementara jalur kedua adalah dengan mengadakan kontes TikTok dan Reels Instagram yang kini tengah digandrungi kawula muda.

Kerry Riza juga menuturkan, kerja sama dengan BRI bukanlah yang terakhir. Sudah ada beberapa brand yang sepakat bekerja sama dengan KidZania, seperti sponsor utama yang akan diumumkan sebentar lagi. Bahkan, untuk tahun depan pun KidZania sudah mencapai kesepakatan dengan beberapa pihak untuk menjadi mitra kerja sama.

“Nanti kuartal I tahun 2022 ada dari perusahaan content animasi lalu akan ada dua brand besar lainnya, seperti brand biskuit dan pembersih pakaian. Jadi banyak sekali kolaborasi KidZania yang memang sempat tertunda selama pandemi akhirnya bisa kita lanjutkan tahun ini dan tahun depan,” ucapnya.

Establishment Bank BRI KidZania ini sudah menerapkan protokol kesehatan dengan konsep mirip seperti bank pada umumnya lengkap dengan peralatan yang didesain khusus untuk skala anak-anak. Aktivitas ini bertujuan memberikan pendidikan dan pengalaman bagi pengunjung tentang tugas-tugas seorang Digital Banking Developer, Customer Service Staff dan Teller.

Sebelum memulai aktivitas, pengunjung akan mendapatkan penjelasan seperti cara melayani nasabah dengan ramah saat nasabah ingin membuat rekening BRI ketika menjadi petugas Teller, mencari tahu tentang produk Bank BRI untuk peran staf Customer Service, atau mengetahui bagaimana suatu aplikasi digital banking dikembangkan oleh seorang Digital Banking Developer. Profesi terakhir ini adalah profesi terbaru yang ada di Bank BRI KidZania, dengan tujuan memperkenalkan profesi terkini yang dibutuhkan dunia perbankan terkait dengan perkembangan digital khususnya aplikasi perbankan.

Pengunjung dapat mencoba aktivitas “pekerjaan” yang dipilihnya layaknya sedang berada di dunia perbankan, bisa diikuti oleh pengunjung usia 7–16 tahun untuk peran-peran profesi di bank, dan 4 - 16 tahun untuk peran sebagai Nasabah. Di akhir aktivitas pengunjung mendapatkan gaji sebesar 10 kidZos untuk pekerja staf Teller dan Customer Service, 20 kidZos untuk pekerja Digital Banking Developer.

Baca juga: Jangan tuntut anak berkompetisi sejak dini

Baca juga: Begini serunya Asian Games versi anak-anak di Jakarta

Baca juga: Mitsubishi akan buka establishment di Kidzania Surabaya
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021