Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting di Ibu Kota Jakarta menghiasi lini masa pada Sabtu (13/11), di antaranya hujan deras di DKI membuat permukiman warga di Mampang banjir mencapai 50 cm, lalu mutu air bersih CIliwung telah layak sebagai bahan baku air minum, hingga naiknya dana hibah guru honorer di sekolah swasta dan PAUD sebesar 10 persen pada 2022

Berikut rangkuman berita selengkapnya kami sajikan kembali untuk mengawali pagi Anda.

1. Permukiman di Kelurahan Bangka, Mampang banjir 50 cm
Permukiman di RT 11/04 Kelurahan Bangka Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kembali dilanda banjir saat hujan deras sejak Sabtu sore. Ketinggian air mencapai 50 sentimeter (cm).

“Sudah sejak sore airnya naik. Memang karena wilayah kita ada di tengah aliran Kali Mampang, jadinya mudah tergenang,” kata Ketua RT 11 Tukul Marwadi saat ditemui di lokasi, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


2. Mutu air Ciliwung layak sebagai bahan baku air minum
Ketua Gerakan Ciliwung Bersih Peni Susanti menyebutkan mutu air dari Sungai Ciliwung telah mencapai level dua atau sudah layak sebagai bahan baku air minum.

"Dengan mutu air level dua, sudah memungkinkan berkembangbiaknya biota air di Sungai Ciliwung seperti ikan, udang dan lainnya," kata Peni pada Peringatan Hari Ciliwung ke-10, di Penjernihan, Jakarta Pusat, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


3. Tahun 2023 PAM Jaya distribusikan air bersih dari Sungai Ciliwung

Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya mulai mendistribusikan air bersih dari Sungai Ciliwung melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) Ciliwung di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada 2023.

Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo menjelaskan, IPA Ciliwung yang berfungsi untuk mengoptimalkan air baku dari Sungai Ciliwung saat ini dalam proses pembangunan.

Baca selengkapnya di sini


4. Danah hibah guru honorer naik 10 persen pada 2020

Dana hibah guru honorer di sekolah swasta dan PAUD diputuskan naik 10 persen pada 2022 seiring dengan disepakatinya Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD DKI Jakarta 2022 sebesar Rp84,88 triliun.

"Saya ingin menyampaikan, anggaran untuk tahun depan, khususnya di Dinas Pendidikan, sudah memprioritaskan untuk kesejahteraan guru. Kami bersyukur sudah diketok palu naik 10 persen," kata Koordinator Komisi E DPRD DKI Jakarta Zita Anjani dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021