Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengucapkan terima kasih pada semua guru di seluruh penjuru Indonesia atas ketangguhan tiada batas dalam memberikan pembelajaran pada semua siswa.

“Terima kasih untuk pengorbanan anda, terima kasih untuk ketangguhan anda, terima kasih bagi teman-teman yang datangi rumah para pelajar untuk mengajari mereka selama pandemi,” kata Nadiem saat berikan kata sambutan dalam acara Hari Guru Nasional 2021 yang diikuti di Jakarta, Kamis.
 

Nadiem turut mengucapkan terima kasih pada semua guru, yang telah bersedia untuk mempelajari menggunakan teknologi yang digunakan untuk mengajar siswa selama melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).
 

Nadiem menuturkan, di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Tanah Air, masih banyak guru yang mengalami ketidakadilan dalam hal kesetaraan juga mendapatkan kesejahteraan.
 

Namun, para guru masih bersedia membangun sumber daya manusia yang berkualitas melalui ilmu pengetahuan.

Baca juga: Dua kado Nadiem Makarim untuk para guru

Baca juga: Upaya Kemendikbud pulihkan pendidikan pascagempa dan pandemi COVID-19

 

"Banyak pula guru-guru di berbagai daerah yang mengalami keterpukulan ekonomi selama masa pandemi COVID-19, namun masih bersedia membagi waktu untuk memberikan pelajaran melalui daring dan tidak ada yang mengucapkan kata putus asa," katanya.
 

Hal itu, kata dia, dapat dikatakan sebagai indikator yang membuktikan bahwa semua guru di Indonesia bekerja karena panggilan diri dan bukan hanya sekadar mencari pekerjaan yang stabil saja.
 

“Itu adalah indikator bahwa banyak semua guru guru kita di seluruh Indonesia bekerja karena panggilan diri bukan karena uang bukan untuk mencari kerjaan yg stabil saja tetapi benar-benar untuk mengabdi,” tegas Nadiem.
 

Oleh sebab itu, dia meminta agar semua guru terus diberikan kemudahan dan difasilitasi selama menjalankan pembelajaran serta terus dibantu guna meningkatkan kesejahteraannya.
 

“Itu alasan utama kenapa kami, Kemendikbudristek merasa ini adalah misi yang terpenting sekarang. Bukan misi pemerintahan tetapi misi gerakan yaitu Merdeka Belajar. Itulah alasan kenapa saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ujar dia.

Baca juga: Hari Guru, peneliti dorong peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru

Baca juga: P2G minta pemerintah keluarkan aturan standar upah minimum guru

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021